• Berita Terkini

    Senin, 09 Maret 2020

    1650 Pohon Hijaukan Wisata Alam Prabu

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 1.650 pohon,  Jumat (6/3/2020), ditanam di atas Obyek Wisata Bukit Alam Prabu Desa Tirtomoyo Kecamatan Poncowarno. Penanaman Pohon Hutan Lindung itu dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiarto sekaligus meresmikan penggunaan pendopo sekretariat wisata setempat.

    Hadir pada kesempatan tersebut, Kadinas Porawisata Kebumen Azam Fathoni, Kapala Dispermades P3A, Kepala DPUPR, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Kebumen, Forkopimcam, Kades Tirtomoyo serta masyarakat, Komunitas Track and Jack Kebumen bersama relawan siaga bencana, Orari Lokal Kebumen dan siswa sekolah dasar se Kecamatan Poncowarno.

    Peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti, itu dilanjutkan tanam pohon secara simbolis oleh Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto. Agar suasana semakin semarak, panitia menyelenggarakan turnamen bola voli di halaman  pendopo sekretariat Wisata Alam Prabu.

    Bangunan sekretariat yang baru diresmikan memiliki model bangunan jawa joglo. Bangunan seluas kurang lebih 64 m2 nantinya akan digunakan untuk berbagai kegiatan masyarakat desa Tirtomoyo.

    Wakil Bupati Arif Sugiyanto, mengapresiasi pendirian sekretariat WAP. Ia mengatkan sebagai obyek wisata alam yang ada di kebumen, WAP dinilai sangat potensial untuk terus terus dikembangkan.
    "Dikembangkan dari segi pariwisatanya, pemberdayaan masyarakat desa, pembangunan akses menuju ke lokasi. Perlu kerjasama semua lini untuk mengembangkan WAP," kata Wabup.
    Masih katanya, penanaman pohon sebagai kepedulian dengan lingkungan agar menjaga alam tetap lestari, dan menjaga sumber air tetep terjaga. Tak hanya itu Wakil Bupati juga berterimakasih kepada Kades Tirtomoyo atas dedikasinya menciptakan wisata Alam Prabu.

    Kepala Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jateng Wilayah VIII, Lilis Dwi Kartikawati menjelaskan, penanaman pohon ini dilakukan atas dasar intruksi Gubernur jawa Tengah, yang mana dimusim penghujan ini, gubernur meminta masyarakat agar melakukan penanaman pohon sebanyak banyaknya, kususnya di wilayah yang rawan terhadap bencana banjir longsor. Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi adanya bencana dan sekaligus menjaga kelestarian sumber mata air.

    Selain itu, dipilihnya Desa Tirtomoyo, karena wilayah tersebut memiliki debit air yang belum stabil. Terlebih saat musim kemarau tiba. Untuk itu, dengan penanaman pohon jenis buah buahan ini juga bertujuan untuk menambah penghasilan masyarkat dari sektor pertanian. Dengan begitu, maka masyarkat akan di untungkan, baik dari segi terjaganya alam, maupun secara pendapatan ekonomi masyarkatnya.

    "Kita pilih Desa ini karna wilayah ini sudah mulai langka tanaman tanaman keras yang mungkin dulunya sudah banyak di tebang oleh sebagian masyarakat. Untuk itu kami berharap dengan penanaman ini, masyarkat akan lebih peduli dengan lingkungan sekitar bahwa betapa pentingnya pohon bagi kelestarian alam ini," ungkap Lilis.
    Dalam acara kemarin, sekaligus dilakukan penyerahan seragam relawan bencana dari komunitas Track and Jack Kebumen kepada Wakil Bupati Arif Sugiyanto, Camat Poncowarno serta jajaran Polsek dan Koramil Poncowarno

    Wisata Alam Prabu merupakan salah satu obyek wisata alam yang menawarkan keindahan perbukitan. Dari puncak bukit prabu,pengunjung bisa menikmati suasana sunrise maupun sunset. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top