• Berita Terkini

    Jumat, 07 Februari 2020

    Ziarah Makam Awali Peringatan HPN 2020 di Kebumen

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Belasan awak media di Kabupaten Kebumen merayakan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020. Kegiatan peringatan tersebut diawali dengan  berziarah ke makam para wartawan, Jumat (7/2/2020).

    Selain berziarah para awak media juga mendoakan para arwah leluhur yang telah pergi mendahuluinya. Bagian Humas Setda Kabupaten Kebumen juga turut dalam kegiatan tersebut.

    Para awak media berasal dari berbagai media. Ini seperti media cetak, online, televisi dan radio. Mereka merupakan para “pejuang pena” yang bertugas di Kabupaten Kebumen.

    Ziarah dilaksanakan pada tiga lokasi yakni makam M Soejangi di Desa Kutosari Kecamatan Kebumen, makam Gunawan Effendi di Kecamatan Pejagoan dan makam M Fuad Hasyim di pemakaman Sijago Kebumen. M Fuad Hasyim sendiri semasa hidupnya merupakan Pimpinan Redaksi Koran Harian Pagi Kebumen Ekspres.

    M Fuad Hasyim meninggal pada 23 Desember 2018 silam. Tepatnya Minggu malam Senin sekitar pukul 19.15 WIB, yakni sehari sebelum pihaknya akan berangkat Ibadah Umroh ke tanah suci. Kala itu semua keluarga almarhum M Fuad Hasyim sedang berkumpul untuk melaksanakan tasyakuran keberangkatan Ibadah Umroh yang akan dilaksanakan pagi harinya. Usai melaksanakan tasyakuran almahrum M Fuad Hasyim sakit hingga kemudian pingsan.

    Sebagai upaya pertolongan, oleh pihak keluarga almarhum M Fuad Hasyim sempat dilarikan ke RS Permata Medika Kebumen, namun nyawanya tidak dapat tertolong. Pemakaman dilaksanakan di Area Makam Si Jago Selang pagi harinya, Senin 24 Desember 2018.

    M Fuad Hasyim yang merupakan lulusan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto itu, meniti karir jurnalis sejak tahun 2007. Kala itu dirinya menjadi wartawan Radar Kebumen bersama rekan sejawatnya Cahyo Kuncoro. Seiring berjalannya waktu, berdirilah Media Kebumen Ekspres tahun 2011. M Fuad Hasyim kemudian menjadi Pimpinan Redaksi. Kini setelah M Fuad Hasyim tutup usia, Pimpinan Redaksi Kebumen Ekspres dipegang oleh Cahyo Kuncoro.

    Ketua panitia HPN 2020 PWI Kebumen Arif Widodo menyampaikan ziarah makam para pendahulu menjadi agenda rutin setiap Peringatan HPN di Kebumen. Dimana selain untuk mendoakan awak jurnalis yang telah pergi mendahului, tetapi juga mengenang perjuangan insan pers semasa masih menjalankan tugasnya."Kegiatan ini sekaligus mempererat tali silaturahmi dengan keluarga para almarhum. Karena selain ziarah juga anjangsana ke keluarga," katanya didampingi Wartawan Senior Komper Wardopo.

    Arif menambahkan peringatan HPN 2020 di Kabupaten Kebumen dilaksanakan dengan serangkaian kegiatan. Setelah pelaksanaan ziarah, kemudian akan dilaksanakan malam tasyakuran di ruang transit Pendapa Bupati Kebumen dengan mengundang Forkopimda. Selain itu juga dilaksanakan berbagai lomba penulisan dan pembuatan video. "Puncaknya diadakan sarasehan yang rencana dengan narasumber dari Universitas Gajah Mada," ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top