• Berita Terkini

    Rabu, 12 Februari 2020

    Wejangan Kang Uu bagi Siswa SMA: Jangan Salah Pilih Jurusan Kuliah”


    KOTA BANDUNG -- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum membuka Campus Expo sekaligus meresmikan Masjid Nurul Ilmi di SMA Negeri 26 Bandung, Jl. Sukaluyu  No 26 Cipadung Kota Bandung, Rabu (12/2/20).

    Dalam sambutannya, Kang Uu - demikian akrab disapa- menyampaikan beberapa pesan kepada  siswa mengenai pendidikan yang merupakan sebuah fondasi penting tidak hanya untuk duniawi namun akhirat. Untuk itu, menurut Kang Uu sedikitnya ada empat hal yang harus diterapkan guna menjadi generasi muda yang berkualitas.

     “Pertama harus memiliki kemampuan non akademis, yang kedua kita harus mampu meningkatkan wawasan, ketiga harus mampu menguasai teknologi digital, dan yang keempat harus menguatkan iman dan takwa yang mencirikan moral yang baik,” papar Kang Uu.

    Kang Uu juga memberi tips kepada siswa yang akan meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi, agar tidak salah memilih jurusan, yang mana harus sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing.

    Menurutnya, pemilihan jurusan menjadi penting, utamanya agar jangan terpengaruh oleh pilihan teman-temannya.

    "Saya titip sebentar lagi adek-adek yang keluar dari sekolah ini untuk memilih jurusan (di perguruan tinggi) ini penting. Jangan terbawa pengaruh dari teman, jangan menerima informasi yang belum dipastikan kebenarannya. Dari sejak sekarang yakinkan diri kita ke depan ingin menjadi apa," pesan Kang Uu.

    "Tolong pikirkan dari sekarang, ambil jurusan, fakultas dan cari universitas yang sesuai dengan harapan dan keinginan, supaya bisa belajar tenang sesuai dengan minat dan akhirnya sukses dalam meraih pendidikan," katanya.

    Sejalan dengan Kang Uu, Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dewi Sartika juga mengimbau agar melalui ekspo ini para siswa akan dapat mengenal lebih jauh fakultas dan jurusan-jurusan di perguruan tinggi sebelum menentukan pilihannya.

    Ibu Ikeu - demikian dia disapa- beranggapan memilih jurusan kuliah yang tepat merupakan pintu pertama kesuksesan. Untuk itu, pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat.
    "Ekspo ini memfasilitasi siswa dalam lebih banyak mengenal dan mengeksplorasi, setelah lulus nanti kita akan meneruskan kemana," kata Ibu Ikeu.

    "Jadi (pemilihan jurusan) ini pun juga penting, pintu pertama kesuksesan, keluar dari SMA ini adalah memilih jurusan yang memang sesuai dengan bakat (talent), keinginan (minat), dan tentu saja cita-cita anak-anak semua," sambungnya.

    Campus Expo ini diikuti tidak kurang dari 20 universitas dan perguruan tinggi baik negeri dan swasta serta lembaga bimbingan belajar di Bandung Raya, di antaranya Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Islam Bandung, Institut Teknologi Nasional, serta bimbel Ganesha Operation.


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top