• Berita Terkini

    Selasa, 25 Februari 2020

    Warga Karanggayam Diajak Gemar Makan Ikan

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Pemerintah terus mengkampanyekan agar masyarakat mengkonsumsi produk kelautan dan perikanan. Melalui program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), masyarakat diajak untuk mengkonsumsi ikan. Ajakan tersebut tidak lain lantaran manfaat ikan yang banyak baik kandungan omega 3 yang dapat meningkatkan kecerdasan dan sekaligus mengurangi stunting.

    Ajakan tersebut disampaikan Direktur Pemasaran Kelautan dan Pangan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) Mahmud SP saat bersambang ke Desa Giritirto Kecamatan Karanggayam, Minggu (23/2/2020). Dalam kegiatan itu hadir pula Anggota Komisi IV DPR RI Darori Wonodipuro yang sekaligus menyerahkan bantuan 1 juta benih ikan dan bibit pohon.

    Mahmud menjelaskan hingga kini konsumsi ikan masyarakat Indonesia rata-rata masih 35 kilogram perkapita pertahun. Sementara untuk Kebumen sendiri saat ini konsumsi ikan hanya 21 kilogram per tahun. Menurutnya ini masih jauh dari target pemerintah yang seharusnya 45 kilogram perkapita pertahun. Untuk itu melalui kegiatan ini pihaknya berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat agar gemar memakan ikan. "Konsumsi ikan masyarakat saat ini masih rendah dan kurang dari target. Untuk itu dengan kegiatan ini kita harapakan kesadaran masyarakat untuk gemar makan ikan meningkat," katanya.

    Hal serupa disampaikan Darori Wonodipuro wakil rakyat di Senayan asal Kabupaten Kebumen. Bagi Darori gemar memakan ikan dapat membuat masyarakat akan menjadi cerdas. Bantuan ikan yang diberikan kepada masyarakat diharapkan dapat ditebar di sungai-sungai untuk menjaga ekosistem alam. "Dengan Gemarikan masyarakat bisa lebih cerdas," paparnya.

    Dalam kesempatan tersebut, Asisten 2 Setda Kebumen Nugroho Tri Waluyo menyampaikan potensi perairan Kebumen cukup baik, namun konsumsi ikan masih rendah. Produksi ikan di Kebumen didapat karena memiliki panjang pantai 57 kilometer dan dua waduk yaitu Sempor dan Wadaslintang. Konsumsi rata-rata ikan masyarakat Kebumen hanya 22 kilogram perkapita pertahun."Badan Pusat Statistik BPS mencatat hanya 1,7 persen konsumsi ikan di Kebumen. Kami mengapresiasi kegiatan ini untuk mengingatkan pentingnya makan ikan kepada masyarakat," ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top