• Berita Terkini

    Rabu, 26 Februari 2020

    Siswa MTsN 3 Kebumen Gelar Peringatan HSN 2020

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) “The Clean World, The Clear Mind” atau “Dunia Bersih, Pikiran Jernih” menjadi tema besar dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh MTs Negeri 3 Kebumen (Matsaga). Acara memperingati Hari Sampah Nasional ini, dilaksanakan dengan kegiatan bersih lingkungan, beberapa waktu lalu.

    Matsaga rutin dan selalu memperingatinya HSN. Selain sebagai rasa peduli madrasah akan kebersihan, Matsaga juga sebagai madrasah adiwiyata. Ragam aksi lingkungan giat itu dilakukan untuk memupuk semangat dalam memerangi ancaman yang ditimbulkan akibat pencemaran sampah di Matsaga dan lingkungan sekitar.

    Kegiatan diawali dengan senam bersama selama lebih kurang satu jam. Senam dipandu oleh guru Olahraga. Setelah itu, semua warga madrasah melaksanakan kerja bakti di  MTs Negeri 3 Kebumen dan lingkungan sekitar. Kegiatan kerja bakti dimulai pukul 09.00-11.30 WIB yang diikuti oleh warga madrasah meliputi guru, pegawai, dan peserta didik.

    Sebelum kerja bakti dimulai, para siswa diberikan pengarahan terkait pembagian tempat kerja bakti dan penyetoran sampa ke bank sampah. Setiap kelas diwajibkan menyetorkan sampah kepada tim penampungan sampah yang sudah ditunjuk. Kemudian sampah baru dikumpulkan di bank sampah.

    Perjalanan sampah selanjutnya yakni pemilahan. Dimana sampah dipisah antara organik dan anorganik. Sampah organik dimanfaatkan untuk pembuatan kompos. Selain ke bank sampah, sebagian sampah diserahkan juga kepada pengepul atau masyarakat yang membutuhkan.

    Kegiatan tidak hanya dilakukan dengan membersihkan sampah di madrasah. Melainkan juga membersihkan sungai yang terdapat di depan MTs Negeri 3 Kebumen. Aksi kepedulian itu juga merambah sampai di Dusun sebelah yaitu Dusun Suaran.

    Kegiatan kerja bakti itu berhasil mengumpulkan sampah dan dipilah berdasarkan jenisnya. Sampah daun, sampah plastik serta sampah kertas. Pengumpulan dan pemilahan sampah ini dilakukan oleh tim Kader Lingkungan dengan Koordinator Mufid. Kegiatan ini dilakukan dengan antusias oleh warga madrasah.
    Mufid pun mengucapkan terima kasih kepada warga madrasah yang telah berpatisipasi dalam  kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional 2020. Harapan dari kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional 2020 yakni MTs Negeri 3 Kebumen lebihpeduli terhadap sampah dan dapat mengurangi pencemaran lingkungan. “Sehingga lingkungan MTs Negeri 3 Kebumen  menjadi Bersih, Indah, Sehat, Asri,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top