• Berita Terkini

    Sabtu, 22 Februari 2020

    Sisa Hujan Semalam, Banjir Longsor hingga Jembatan Rusak

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Hujan deras mengguyur sebagian besar wilayah Kebumen Jumat malam (21/2/2020). Tak kurang dari 5 jam hujan terjadi. Akibatnya, sejumlah wilayah diterjang banjir dan longsor.

    Tidak ada laporan korban akibat peristiwa ini. Namun kerusakan materi ditaksir puluhan juta.

    Seperti di Kecamtan Ayah, ini misalnya. Akibat hujan, pohon tumbang kemudian menimpa 4 warung milik warga Desa/Kecamatan Ayah. Tidak ada korban jiwa atau luka dalam peristiwa yang terjadi Sabtu (22/2) sekitar pukul 1.05 WIB tersebut.

    Sementara di Kecamatan Sruweng, hujan deras membuat arus sungai Krenceng meluap. Akibatnya, tanggul sayap jembatan yang berlokasi di Desa Pandansari kecamatan setempat, ambrol.  Tak hanya merusak jembatan, kejadian ini juga membuat warung Soto yang berada tak jauh dari lokasi menggantung.

    Banjir akibat luapan sungai juga terjadi di Kecamatan Gombong. Limpasan anak Sungai Kawo membuat daerah pemukiman warga di Kelurahan Gombong sempat tergenang air. Tinggi genangan yang sempat mencapai 50 cm itu bahkan sempat masuk ke rumah warga. Termasuk jalan dan gang ikut tergenang air.

    Pun demikian, Sungai Wonokriyo melimpas ke pekarangan di wilayah setempat. Sementara, limpasnya Sungai Karanganyar di Kecamatan Karanganyar, menggenangi jalan dan permukiman warga di wilayah di Desa Plarangan Kecamatan Karanganyar

    Pada bagian lain, longsor terjadi di Jalan Karanganyar - Karanggayam, persisnya di Dukuh Kaliterus Desa/Kecamatan Karanggayam. Longsoran 2 titik serta pohon tumbang menutup akses jalan dan menimpa jaringan PLN.

    Longsor juga menimpa rumah warga/Desa Karanggayam. Beruntung pemilik rumah, Satiman warga RT 08 RW 02 Desa Karanggayam/Kecamatan Karanggayam selamat. Rumah tertimpa longsor juga terjadi di  Desa Gunung Mujil Kecamatan Kuwarasan. Kali ini, rumah Yanto (51),warga setempat yang tertimpa longsor.

    Hujan juga membuat sejumlah jaringan listrik terganggu akibat pohon tumbang.   "Saat ini banjir telah surut. Sementara untuk kerusakan jaringan listrik dan penanganan rumah warga yang rusak tengah dilakukan," kata Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen, Heri Purwoto, Sabtu (22/2/2020).

    Penanganan meliputi sejumlah elemen, baik dari unsur SAR, relawan TNI hingga Polri. (cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top