• Berita Terkini

    Senin, 17 Februari 2020

    Ratusan Peserta Ikuti Youth Volunteer Competition 2020

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Ratusan anggota PMR Mula, Madya dan Wira antusias mengikuti kegiatan Youth Volunteer Competition (YVC) 2020 tingkat Kabupaten Kebumen. Kegiatan yang digelar oleh Korps Sukarela (KSR) Markas PMI Kebumen di SMK N 2 Kebumen, Minggu (16/2) itupun berlangsung semarak.

    Komandan KSR PMI Kebumen, Bandrio, mengatakan kegiatan YVC 2020 ini digelar selama dua hari yakni sejak Jumat-Sabtu 15-16 Januari 2020. Kegiatan yang merupakan agenda dua tahunan itu dikuti dari 4 sekolah SD (Mula), 46 SMP/Mts sederajat (Madya) dan 34 sekolah SMA/SMK sederajat (Wira) se Kabupaten Kebumen.

    "Kegiatan ini agenda rutin selama dua tahunan, jika biasanya kami kemas dengan invitasi kali ini kami namai Yout Volunteer Competition 2020," katanya.
    Pada ajang YVC 2020, ada sebanyak 5 macam perlombaan yakni diantaranya lomba Pertolongan Pertama (PP) Pasang Bongkar Tenda (PBT), Pembuatan Poster, Dragbar, lomba Cerdas Tepat kepalang merahan, dan lomba pembuatan Video Vlog. "Lomba dilakukan dua hari, yakni hari pertama untuk tingkat PMR Madya dan hari kedua untuk PMR Mula dam Wira," ungkap Bandrio.

    Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, Wildan Fahru, mengatakan ajang YVC 2020 ini diambil Juara Umum, Juara 1,2,3 dan juara harapan. Adapun penilaian lomba dilakukan oleh tim juri dari PMI Kabupaten Kota lain yakni, PMI Cilacap, Purworejo, Wonosobo, Temanggung dan Magelang.

    "Kami mendatangkan tim juri dari PMR luar daerah yang sudah berkompeten, ini untuk menjaga obyektifitas nilai bagi para peserta," katanya.

    Ketua PMI Kebumen, Sabar Irianto, melalui pengurus PMI Ketua Bidang Penanggulangan Bencana dan Relawan, Totok Ari Setyanto SKom, mengatakan ajang perlombaan ini bertujuan untuk pembentukan karakter dan bekal kompetensi para siswa PMR.

    Di era saat ini kepandaian saja tidak cukup hal itu harus didukung dengan kompetensi diri. "Jangan menilai lomba ini hanya menang atau kalah, namun kompetensi dari masing-masing yang akan menjadi pertimbangan.  Kami harapkan dengan kegiatan ini nilai kekompakan dan kerja sama dari PMR terus dikembangkan, " katanya. (fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top