• Berita Terkini

    Selasa, 11 Februari 2020

    PMI Kebumen Jadi Tuan Rumah Latgab KSR Unit Kedu

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Puluhan anggota Korps Sukarela (KSR) unit kampus dan perguruan tinggi PMI se Jawa Tengah Korwil III berkumpul bersama di Markas PMI Kabupaten Kebumen, Minggu (9/2/2020). Kedatangan mereka dalam rangka koordinasi dan latihan gabungan (Latgab)

    Ketua Paintia Latihan Gabungan Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit perguruan tinggi, Mohammad Agung Sahputro, mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh Forum Komunikasi KSR perguruan tinggi se Jawa Tengah Korwil III yakni Kabupaten Kebumen, Wonosobo, Kota Magelang, Magelang Kabupaten dan Purworejo.

    "Ini merupakan pertemuan rutin untuk ajang silaturahmi antar KSR Unit perguruan tinggi, kebetulan kali ini perdana Kebumen menjadi tuan rumahnya," katanya.

    Latihan gabungan ini berlangsung dua hari sejak Sabtu hingga Minggu (8-9 Fabruari 2020). Selama pelatihan ini, sedikitnya 70 peserta. Dalam pelatihan tersebut mereka dibekali materi Water Rescue pertolongan pertama, assessment, dan manajemen posko.

    Selama latihan gabungan, mereka menginap di Markas PMI Kebumen. Kegiatan yang sekaligus menjadi ajang promosi destinasi wisata Kabupaten Kebumen itu ditutup dengan aksi bersih-bersih pantai di lokasi Obwis Pantai Karangbolong Kecamatan Buayan. "Semua peserta senang berada di Kebumen. Sebab, suasananya lain ditambah pelatihan digalakan dilokasi wisata pantai,” kata Mohmmad Agung.

    Sementara itu, Agung menuturkan, kegiatan ini bertujuan membekali pengetahuan, keterampilan, dan sikap relawan KSR Unit Perguruan tinggi PMI Korwil III Jateng, agar dapat melaksanakan tugas-tugas kepalangmerahan sesuai prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional.
    Terpisah, Kepala Markas PMI Kebumen, Eko Purwanto menyampaikan apresianya kepada para KSR unit yang betul-betul melaksanakan visi dan misi PMI. Sebab kedepan merekalah yang akan menjadi generasi penerus relawan kemanausiaan PMI.

    ”Ini bukan ajang kompetensi, namun sharing ilmu, saling mengusi keahlian di bidang masing-masing untuk ditularkan. Kami berharap kedepan untuk ditindaklanjuti semua KSR Unit perguruan tinggi PMI kabupaten,” harapnya.(fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top