• Berita Terkini

    Rabu, 19 Februari 2020

    Pilih Arif-Rista di Pilbup Kebumen 2020, ini Alasan PDIP

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Rekomendasi PDI Perjuangan jatuh pada pasangan H Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih untuk Pilbup Kebumen 2020.  H Arif yang kini menjabat sebagai Wakil Bupati Kebumen diusung menjadi kandidat Bupati dengan didampingi Ristawati sebagai wakil bupati.

    Rekomendasi tersebut sesuai dengan keputusan DPP PDI Perjuangan yang ditandatangani Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Hal tersebut disampaikan pada acara jumpa pers yang dilaksanakan di Meotel  Dafam, Rabu (18/2/2020).

    Hadir pada acara tersebut Ketua DPD PKS Kebumen Akbar Yulastomo, Ketua DPC Nasdem Kebumen Khamim dan utusan dari DPC PKB Kebumen Fuad Hidayat. Selain itu datang pula utusan dari DPC PPP Mulyadi dan utusan dari Partai Demokrat Rifai Yuniantoro

    Ketua DPC PDI Perjuangan Kebumen Saiful Hadi menyampaikan rekomendasi PDI Perjuangan pada Pilkada 2020 untuk pasangan Arif-Rista.  "PDI Perjuangan merekomendasikan Arif Sugiyanto sebagai calon bupati dan Ristawati Purwaningsih sebagai calon wakil bupati untuk Pilbup Kebumen 2020," tuturnya.

    Beberapa alasan terkait dengan jatuhnya rekomendasi ke Arif meliputi pihaknya mendaftar melalui PDI Perjuangan, hasil survei  dan masih enerjik. Selain itu gandulan (relasi) Arif di pusat juga cukup kuat. Gandulan menjadi sangat penting untuk membangun Kebumen kedepannya. Terlebih kini Kebumen merupakan kabupaten termiskin se Jawa Tengah.

    Sedangkan Ristawati Purwaningsih sendiri merupakan kader PDI Perjuangan yang kini menjadi Wakil Ketua DPC bidang Pemberdayaan Perempuan. Ristawati merupakan istri mantan Ketua DPRD Kebumen Cipto Waluyo. Keduanya (Arif dan Ristawati) sama-sama mendaftar pada penjaringan PDI Perjuangan.

    Saiful menjelaskan, Pilbup 2020 Kebumen PDI Perjuangan mengusung tagline “Bersama Membangun Kebumen”. Bersama dalam tagline tersebut mempunyai makna bahwa meski pun mampu, namun PDI Perjuangan masih membuka pintu bagi partai lain. Ini tentunya untuk membawa Kebumen bangkit agar tidak lagi pada keterpurukan. Adapun program utama akan fokus membangun infrastruktur, meningkatkan lapangan kerja dan kebutuhan pokok masyarakat. "PDI Perjuangan mentargetkan menang pada Pilbup 2020,” paparnya.


    Saiful menegaskan hingga kini pihaknya telah berkomunikasi dengan semua pimpinan partai politik. Semuanya merespon dengan baik. Beberapa partai yang telah bergabung dengan PDI Perjuangan yakni PKS, Nasdem dan Demokrat. Komunikasi dengan partai lain meliputi PAN, PKB, Partai Gerindra dan Partai Golkar.

    Disinggung mengenai adanya calon tunggal, Saeful menegaskan jika itu terjadi tentunya akan sangat menyenangkan. Artinya semua partai politik dapat bergabung dan menciptakan koalisi besar untuk Kebumen. Kendati demikian tidak menutup kemungkinan adanya calon independen.  Sehingga meski semua partai bersatu akan terdapat dua pasangan calon, yakni dari  koalisi besar partai dan pasangan calon dari independen.

    Terpisah, Arif Sugiyanto mengaku bersyukur usai mendapatkan rekomendasi dari PDIP untuk Pilkada Kebumen 2020. "Hari ini, kami  mendapatkan amanah dan kepercayaan yaitu rekom dari Ketua Umum Partai PDI Perjuangan Ibu Doktor (HC) Hj Megawati Sukarnoputri untuk maju sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Kebumen dalam Pilkada  September 2020."
    "Amanah ini tentunya akan kami kerjakan dengan sebaik-baiknya beserta segala komponen yang ada agar dapat membangun Kabupaten Kebumen Beriman lebih sejahtera, dengan kemandirian ekonomi, dan SDM unggul," ujar Arif Sugiyanto via pesan singkat.
    Setelah ini, Arif mengatakan bakal segera menjalin komunikasi dengan para petinggi parpol lainnya.  "Dalam proses politik ini terus berkomunikasi secara intensif dengan partai partai lain," ujar Arif.
    Seperti diketahui,  PDI Perjuangan resmi mengumumkan 48 pasangan calon (paslon) kepala daerah yang diusung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Pengumuman yang digelar di  DPP PDIP, Jakarta, Rabu siang (9/2) ini merupakan gelombang pertama.  Dari 48 pasangan itu, Arif Sugiyanto-Ristawati termasuk. Keduanya bakal maju dalam Pilkada Kebumen 2020 sebagai jago dari PDIP. (mam/fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top