• Berita Terkini

    Rabu, 26 Februari 2020

    Mantap, Perangkat Desa di Kebumen Ciptakan Aplikasi Layanan Kependudukan

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Perkembangan jaman terutama di era teknologi dan informasi, menuntut semuanya serba cepat. Termasuk para perangkat desa yang juga harus akrab dengan teknologi.

    Menariknya, sebuah karya dibuat perangkat desa Karangduwur Zen Abdulloh. Zen, membuat  Aplikasi Pelayanan Terpadu yang sangat membantu para perangkat dalam rangka peningkatan kinerja khusunya dlam pelayanan masyarakat di bidang administrasi.

    Aplikasi Pelayanan Terpadu karya Zen, sudah diluncurkan kemarin (26/2/2020), bersamaan dengan pelatihan penggunaan aplikasi tersebut.

    Ketua penyelenggara pelatihan,  Teguh Priyatno dalam sambutannya mengatakan, aplikasi karya Zen ini sudah dibuat sejak 2015. Sejak saat itu, terus  dilakukan proses penyempurnaan.

    "Dan Alhamdulillah hari ini (26/2) dapat di launcing. Kalau dulu hanya dipakai di tingkat Desa Karangduwur saja,  atas dasar musyawarah PPDI (Persatuan Perangkat Desa Indonesia) Tingkat Kecamatan, Mas Zen (pembuat aplikasi) menghibahkan aplikasi tersebut kepada PPDI Kecamatan secara gratis," ujar Teguh disambut tepuk tangan para hadirin.

    Teguh menambahkan, sistem aplikasi karya Zen Abdulloh, ini sangat bagus dan sangat membantu dalam segi pelayanann terpadu. "Asal data penduduk sudah tersinkronisasi dengan aplikasi kita hanya mengetik nama sudah muncul biodata warga tersebut. Jadi tinggal kita masuk apa kebutuhan pelyanan dari warga, misal, KTP, SKCK, pindah datang, SKTM dan surat-surat lainnya bisa dikerjakan," ujar pria yang juga pengurus PPDI Kecamatan Petanahan tersebut.

    Teguh mengatakan, ke depan aplikasi ini akan dikembangkan untuk tingkat Kabupaten. Harapannya, dapat dipergunakan seluruh perangkat desa di Kebumen yang muaranya pelayanan kepada masyarakat akan semakin baik.

    Camat Petanahan, Dra Sri Kuntarti, yang hadir dalam kegiatan kemarin menyambut baik inisiatif dari PPDI. Camat berharap, aplikasi karya anggota PPDI ini akan memudahkan pelayanan dimana nantinya pelayanan menjadi terpadu dan satu data.

    "Ini juga untuk  meminimalisir kesalaha data dari Desa.  Dan ini sudah terkoneksi dengan laporan kependudukan tiap bulan, laporan profil desa tingkat kecamatan, jadi nanti untuk pelaporan pelaporan yang sifatnya berupa data bisa lebih cepat, dan tepat. Mari kita tingkatkan kinerja karena perangkat desa sekarang harus bisa IT, dan semua sudah teraplikasi, " ujar Camat.

    Hebatnya lagi, kata Camat, aplikasi tersebut dihibahkan gratis untuk perangkat desa di Petanahan. Sebagai perbandingan, bila harus membeli atau meminta pihak lain membuat, harganya bisa mencapai Rp 5 juta. "Pada akhirnya, saya berharap pelayanan kepada masyarakat akan semakin meningkat. Juga kedisiplinan jam pelayanan kantor juga semakin baik. Apalagi sekarang perangkat desa sudah sdikit banyak peningkatan kesejahterannya," ujar camat.

    Selain camat dan para peserta yang merupakan perwakilan setiap desa di kecamatan petanahan tersebut, hadir pula Pengurus PPDI Kecamatan Petanahan.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top