• Berita Terkini

    Minggu, 02 Februari 2020

    Kader Adiwiyata Matsaga Bersih Pantai Bocor

    KEBUMEN  (kebumenekpres.com)- Suasana Pantai Bocor, beberap waktu lalu, tidak tampak seperti biasanya. Kali ini sekelompok siswa berseragam hijau antusias memunguti sampah di sekitaran pantai. Panasnya terik matahari tidak menghalangi semangat para pelajar untuk tetap bergotong royong memungut sampah.

    Ya, sekumpulan pelajar berseragam hijau tersebut adalah para Kader Adiwiyata dari MTs Negeri 3 Kebumen (Matsaga). Aksi itu dilakukan untuk menanamkan jiwa kepedulian terhadap lingkungan.

    Selain itu juga untuk memberikan edukasi secara tidak langsung kepada para warga sekitar pantai. Pantai yang merupakan salah satu destinasi wisata favorit warga Kebumen akan berkurang keindahannya jika tercemari banyak sampah. Bahkan hingga kini tergolong masih banyak pengunjung yang belum memiliki kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya. Adanya aksi bersih pantai oleh Kader Adiwiyata itu, diharapkan dapat meningkatkan awareness warga untuk lebih menjaga lingkungan.

    Aksi bersih pantai merupakan program tahunan dari ekstrakurikuler Kaling di MTs Negeri 3 Kebumen. Kegiatan ini adalah kegiatan luar madrasah yang bersifat edukatif tapi juga menyenangkan bagi siswa. Mereka dapat menikmati keindahan panorama Pantai Bocor sekaligus berkontribusi dalam menjaga lingkungan.

    Hilman salah satu Kader Adiwiyata mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan itu akan menginspirasi banyak pihak untuk lebih peduli terhadap lingkungan di daerah pesisir pantai. Tak kurang dari 60 siswa MTs Negeri 3 Kebumen bersama guru pendamping terlibat dalam aksi bersih pantai.
    Koordinator ekstrakurikuler Kaling Romlah menuturkan kegiatan ini merupakan penerapan visi MTs Negeri 3 Kebumen yakni terwujudnya insan yang bertakwa, berbudaya, berprestasi, inovatif, dan berwawasan lingkungan.

    Dengan melakukan kegiatan bersih pantai diharapkan dapat mewujudkan salah satu visi Matsaga yaitu berwawasan lingkungan. Aksi bersih pantai dengan memungut sampah oleh para Kader Adiwiyata bukanlah suatu pekerjaan yang remeh.

    “Saatnya merubah pola pikir memungut sampah adalah kewajiban petugas kebersihan. Kebersihan lingkungan merupakan tanggungjawab kita bersama. Apa yang telah dilakukan para Kader Adiwiyata merupakan bentuk berkontribusi nyata. Mereka layak disebut sebagai pahlawan lingkungan,” katanya.

    Sementara itu Kepala MTs Negeri  Kebumen Sugeng Warjoko mengapresisasi kegiatan yang dilaksanakan oleh para siswanya. Pihaknya menegaskan kebersihan lingkungan berkaitan erat dengan kesehatan. Untuk itu agar sehat harus menjaga kebersihan. "Kebumen harus bersih. Ini sesuai dengan selogan Beriman yang mencantumkan kata bersih di awal singkatan," ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top