• Berita Terkini

    Kamis, 06 Februari 2020

    Bandara Soedirman Purbalingga Bakal Beroperasi Lebaran Tahun 2020.

    PURBALINGGA  - Landasan Pacu (Runway) Bandara Jenderal Besar Soedirman, Wirasaba, Purbalingga direncanakan bakal mulai beroperasi dua minggu sebelum Lebaran tahun 2020.  Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin saat menyampaikan paparan di Ruang Rapat Gubernur, Pemprov Jateng, Kamis (6/2/2020) Semarang.

    "Sesuai instruksi Menteri BUMN sebelumnya agar bandara bisa untuk angkutan Lebaran 2020, bisa kami perkirakan layanan bisa dilakukan selama 18 sampai 20 hari, yakni sebelum dan sesudah lebaran, atau melayani arus mudik dan balik.Justifikasi kami ada beberapa hal, kita memastikan runway saat itu sudah selesai sehingga di periode itu bisa sebagai proses Ujicoba termasuk dalam verifikasi dan validasi oleh Kemenhub," katanya.

    Sebelum dioperasikan untuk layanan lebaran, pihak PT Angkasa Pura II akan mengadakan Forum Group Discussion (FGD) lintas stakeholder dua tahap. Tahap pertama menampung masukan dari pihak maskapai, travel, angkutan darat umum maupun online, dan sebagainya. FGD kedua Bulan April jelang layanan angkutan lebaran.

    "Maskapai harus submit dalam sebuah rencana skenario penerbangan mereka. Termasuk mengatur berbagai perizinan mulai dari izin slot oleh operator bandara, izin rute (trayek) dan izin penerbangan ke Kemenhub," katanya.

    Meskipun bandara sudah bisa memberikan pelayanan angkutan lebaran, namun pembangunan terminal dipastikan belum selesai. Sehingga PT Angkasa Pura II akan meminta izin kepada Lanud JB Soediman untuk meminjam sebagian fasilitas gedungnya sebagai terminal sementara. Sebab gedung terminal diperkirakan baru selesai pada akhir bulan September atau Oktober.

    "Peresmian idealnya akhir Desember atau awal Januari 2021 oleh Presiden. Tapi proses penerbangan sudah berjalan sebelumnya sehingga saat peresmian syarat teknis dan kelayakan sudah terpenuhi," katanya.

    Sampai dengan 2 Februari 2020, progres pembangunan Bandara JB Soedirman sudah mencapai 42,7%. Diantaranya dengan rincian tiga area konstruksi: landas pacu 52%, apron penerbangan sipil 30%, dan apron penerbangan militer 44%.

    Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi  menyampaikan ANDALALIN Bandara sudah disetujui dan sudah dikirim ke PT Angkasa Pura II. "Sedangkan pekerjaan yang masih proses dan perlu segera diselesaikan adalah  Penyusunan Desain Terminal Bandara, yang perlu mendapat persetujuan dari Gubernur Jawa Tengah," katanya.

    Adapun dukungan Pemkab Purbalingga terhadap pengoperasian Bandara JB Soedirman, antara lain  Tahun Anggaran 2019 telah diselesaikan Pembangunan Jalan masuk ke Kawasan Bandara JB Soedirman dengan nama Ruas Jalan Tidu – Bandara dengan anggaran sebesar Rp. 6.495.028.000. Tahun 2020 direncanakan dibangun Gerbang Masuk Bandara JBS dengan anggaran Rp. 1.000.000.000.

    Penyediaan dukungan kebutuhan Air Bersih / Minum untuk Bandara, Penguatan struktur jalan penunjang menuju Bandara secara bertahap. "Terkait Pembangunan Land Mark Patung Jenderal Soedirman di Kawasan Bandara JB Soedirman , mohon arahan Gubernur," katanya.(saw)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top