• Berita Terkini

    Kamis, 13 Februari 2020

    Antisipasi DBD, Gang Mawar Kembali di Fogging

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Upaya terus dilakukan untuk mencegah penularan wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Kelurahan Kebumen Kecamatan Kebumen. Setelah sebelumnya sempat dilakukan pengasapan (fogging), kegiatan serupa kembali dilakukan Kamis (13/2/2020).

    Lurah Kebumen, Bibit Agus Nugroho, mengatakan fogging dilakukan bersama Dinas Kesehatan dalam hal ini Puskesmas Kebumen III. Fogging kali ini untuk memastikan DBD "enyah" dari Kelurahan Kebumen. Salah satu sasarannya, membasmi sarang nyamuk yang menjadi sumber penyakit DBD.

    Salah satu rumah yang menjadi sasaran fogging yakni rumah milik mantan Sekda Kebumen Adi Pandoyo  di RT 1 RW 3 Jalan Mawar Kelurahan Kebumen. Adi Pandoyo diketahui mengalami DBD dan dirawat di RSUD Dr Soedirman Kebumen.  "Hari ini lingkungan Kelurahan Kebumen di Jalan Mawar kembali di fogging, hal ini untuk mencegah dan mematikan induk nyamuk DBD," katanya.

    Sebelumnya, para kader jemantik melakukan pengecekan lingkungan sekitar untuk memastikan lingkungan sekitar jalan mawar terbebas dari jentik jentik nyamuk.
    "Beberapa hari lalu sudah dilakukan PSN bersama kader dari kelurahan," kata Bibit.

    Sementara itu, Kepala Puskesmas Kebumen III drg Mira Maria Mirza, mengatakan pemberantasan sarang nyamuk harus rutin dilakukan oleh warga masyarakat, salah satunya dengan 3 M yakni menguras, mengubur, dan mendaur ulang.  "Tidak hanya saat ada petugas saja saat membersihkan, harus dilakukan secara konsisten agar terhjndar dari jentik-jentik dan sarang nyamuk," katanya.

    Sementara itu, Ketua Forum Kesehatan Kelurahan (FKK)  Kelurahan Kebumen, Suharman, mengatakan pengecekan dan pemberantasan sarang nyamuk di Kelurahan Kebumen rutin dilakukan setiap Jumat Minggu kedua. "Kegiatan PSN terpadu rutin dilakukan setiap bulannya untuk memastikan lingkungan bersih dari jentik nyamuk," katanya.(fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top