• Berita Terkini

    Rabu, 05 Februari 2020

    Antisipasi Corona, Belasan WNA Diperiksa di Kebumen

    Budi Satrio
    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kebumen melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada belasan warga negara asing (WNA). Ini dilaksanakan pada WNA yang melakukan lawatan ke Kebumen beberapa hari belakangan ini. WNA sendiri terdiri 12 orang. Mereka berasal dari Taiwan, Jepang dan Spanyol.

    Pemeriksaan dilaksanakan sebagai bentuk antisipasi Dinas Kesehatan Kebumen terhadap penyebaran virus corona. Pemeriksaan dilaksanakan oleh tim kesehatan yang diterjunkan oleh Dinkes. Pemeriksaan dilaksanakan usai Dinkes mendapat laporan datangnya beberapa WNA.

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen Dwi Budi Satrio menyampaikan setelah mendapatkan laporan kedatangan WNA pihaknya kemudian menerjunkan tim untuk mengecek suhu tubuh. Dari hasil pengecekan kepada 13 WNA asal Taiwan dan Jepang, tidak ditemukan dugaan adanya gejala terjangkit virus corona. "Tidak ada yang perlu dikhawatrirkan, dari hasil itu semuanya baik-baik saja," katanya, Rabu (5/2/2020).

    Dijelaskannya, sebagai bagian dari upaya kesiapsiagaan serta kewaspadaan dini, Dinkes Kebumen telah membuka posko di tiga titik. Ini meliputi Terminal Tipe A Kebumen, Stasiun Kebumen serta Stasiun Gombong. Dinkes juga berkewajiban melaporkan kepada Dinkes Provinsi Jawa Tengah berupa data harian secara berkala. Ini  melalui pelayanan kesehatan baik warga yang terindikasi terjangkit virus corona maupun tidak.

    Diketahui, ketigabelas WNA sendiri menginap di Mexolie Hotel Kebumen beberapa hari. Adanya kedatangan WNA juga membuat pihak hotel melaporkan kepada pihak Dinkes. Meskipun dirinya juga yakin para WNA tersebut telah lolos dari screening yang dilakukan pihak bandara.

    Kendati demikian kedatangan tamu tersebut mengundang kekhawatiran sehingga perlu dilakukan upaya antisipasi. "Mereka kan sudah melewati custom bandara, otomatis sudah clear. Tinggal kita serahkan langkah prosedural ke Dinkes," kata Sony Alhanif Sales Marketing hotel.

    Seperti diketahui bersama, Wabah Virus Corona tengah menggemparkan dunia. Bahkan kini terdapat 25 negara yang telah terdeteksi terjangkit virus corona. Seluruh perhatian dipusatkan kepada penyebaran virus yang menyebabkan sedikitnya 450 orang meninggal dunia akibat terinfeksi penyakit yang mirip pneumonia tersebut. Dilaporkan, sedikitnya 11.374 kasus virus corona yang memiliki karakteristik mirip dengan SARS dan MERS. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top