• Berita Terkini

    Senin, 17 Februari 2020

    84 Profesional Ambil Bagian Dalam Kelas Inspirasi Kebumen

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Kelas Inspirasi Kebumen (KIK) rutin mengadakan kegiatan tahunan. Di tahun kelima ini kegiatan dilaksanakan di dua kecamatan yakni Bonorowo dan Mirit. Dua kecamatan tersebut terpilih sebagai tuan rumah kegiatan hari Inspirasi, beberapa waktu lalu.

    Kegiatan dilaksanakan dengan melibatkan sebanyak 84 relawan pengajar dan dokumentator. Mereka dari berbagai lini pekerjaan dan siap berbagi motivasi serta inspirasi kepada siswa-siswa di delapan Sekolah Dasar (SD) sasaran.

    Adapun SD yang menjadi sasaran yakni SDN 1 Patukgawemulyo, SDN Patukrejomulyo, SDN 2 Selotumpeng, SDN 2 Pujodadi, SDN 3 Bonjoklor, SDN 3 Mrentul, SDN Balorejo dan SDN 1 Patukrejo.

    Sebelum terjun ke lapangan, para relawan dikumpulkan terlebih dahulu di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen. ini dilaksanakan guna berdiskusi dan diberikan arahan dari panitia lokal Kelas Inspirasi Kebumen. Selain dihadiri oleh relawan pengajar dan dokumentator, acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Pendidikan Kebumen serta sejumlah kepala sekolah di SD sasaran.

    Salah satu relawan pengajar yang setia mengikuti Kelas Inspirasi Kebumen setiap tahunnya Murdiono mengaku sangat senang bisa kembali hadir dalam kegiatan KIK. Awalnya Murdiono mengaku grogi untuk berbicara dihadapan para siswa di kelas. “Dari yang awalnya grogi untuk berbicara di depan kelas, hingga sekarang sudah merasa berani dan mampu mengatasi berbagai tingkah laku anak-anak,” ungkap Murdiono relawan pengajar berprofesi sebagai IT Service Perbankan di Kebumen.

    Selain Murdiono, tahun ini juga hadir relawan pengajar dengan profesi yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Ini seperti pemadam kebakaran, orthopedagog, perangkat desa, penggiat kopi, dan berbagai profesi lainnya.

    Perwakilan KIK Helmi Nurlaili menyampaikan para motivator datang dari berbagai kota di Indonesia. Selain dari Kebumen terdapat pula dari Bali dan Jambi. Ini sekaligus sebagai bukti mereka dipertemukan dengan hati dan tujuan yang sama yakni menebar inspirasi dan ikut andil secara nyata dalam kemajuan pendidikan di sekolah dasar. “Mereka datang ke Kebumen tanpa ada paksaan karena salah satu prinsip dari tujuh prinsip dasar yang harus dimiliki oleh seorang relawan adalah sukarela,” katanya.

    Sehingga secara sukarela, para motivator mendaftarkan diri untuk menjadi relawan pengajar atau pun dokumentator di Kelas Inspirasi. Tentunya pengorbanan waktu dan materi yang telah dikeluarkan akan lunas dengan para siswa yang begitu antusias mengikuti kegiatan hari Inspirasi.
    “Harapannya, dengan datangnya para relawan ke sekolah, keinginan belajar siswa akan meningkat. Sehingga mereka memiliki cita-cita yang harus diperjuangkan di masa depan. KIK pun akan tetap meninjau perkembangan belajar siswa selepas hari Inspirasi melalui program Back to School di lain waktu. Jadi, kegiatan positif ini tidak akan terhenti sampai hari Inspirasi saja melainkan masih akan tetap berlanjut. Semua dilakukan agar terciptanya generasi emas bangsa Indonesia,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top