• Berita Terkini

    Minggu, 09 Februari 2020

    2020 Jadi Tahun Politik, Pers di Kebumen Diminta Lebih Berimbang

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Memasuki tahun politik, Bupati KH Yazid Mahfudz, berharap para insan pers di Kebumen lebih seimbang dalam menulis berita. Khususnya, terkait visi misi dari Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Kebumen 2020.

    Hal itu dikatakan Bupati, pada malam tasyakuran Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Ruang Transit Baru Rumah Dinas Bupati Kebumen, Sabtu malam (8/2/2020). "Tahun ini ada Pilkada 2020, yang harus kita jaga bareng. Saya mohon kita jaga demokrasi dengan berita seimbang," tegas Yazid Mahfudz, dalam sambutannya.

    Disisi lain, Bupati menyampaikan penghargaan kepada para wartawan atas dukungan, kerjasama dan sinergitas kalangan pers terhadap kinerja Pemkab Kebumen. Ia berharap, kiprah poositif tersebut dapat terus ditingkatkan di masa yang akan datang.

    Menurutnya, keberhasilan pembangunan dan kemajuan di Kabupaten Kebumen, salah satunya ditentukan melalui keterlibatan masyarakat, termasuk media massa. "Terlebih peran pers menjadi makin strategis dalam pembangunan, terutama dalam mengawal dan mengawasi kebijakan daerah dengan pemberitaan yang berimbang," tandasnya.

    Terpisah, Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto mengungkapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) bagi segenap pekerja pers di Kota Beriman. Arif yang tidak bisa menghadiri malam tasyakuran HPN karena harus memenuhi sejumlah agenda itu kembali menekankan pentingnya peran pers dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

    "Selamat hari Pers, semoga pers semakin dewasa dan profesinal," kata Arif.

    Sementara itu, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya, meminta insan Pers dapat bersama-sama menjaga keteduhan dan iklim sejuk di Kebumen. Apalagi, di tengah upaya Pemkab Kebumen membuka kran investasi selebar-lebarnya bagi investor demi menurunkan angka kemiskinan di Kebumen. Dan, sejauh ini, kata Kapolres, pekerja pers di Kebumen dinilai telah menjalankan tugas sesuai fungsinya. "Mari bersama-sama menjaga Kebumen tetap sejuk apalagi menjelang Pilkada," ujar dia.

    Hal senada disampaikan Ketua DPRD Kebumen H Sarimun yang memberikan satu dua patah kata pada kegiatan tersebut. Politisi senior PDI Perjuangan Kebumen itu menilai, pers sangat berperan dalam pembangunan termasuk di Kabupaten Kebumen. Untuk itu dia berharap sinergitas dengan Pemkab dapat terjalin agar pembangunan berjalan baik.

    Sementara Ketua Pantia HPN 2020 Arif Widodo menegaskan tugas sebagai jurnalis bukanlah semata kuli tinta. Awak media ini memiliki tugas mulai dalam mengemban tugas sebagai jurnalis profetik atau kenabian. Wartawan harus bisa memberikan pencerahan kepada khalayak dari fakta semisal penyimpangan yang dibeberkan.

    Hadir pada acara tersebut, Ketua DPRD Sarimun, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Dandim 0709 Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang, Sekda Ahmad Ujang Sugiono. Para pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Kebumen, serta sejumlah wartawan yang bertugas di Kebumen.

    Malam tasyakuran ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Yazid Mahfudz dan diserahkan kepada Ketua PWI Kabupaten Kebumen Bagus Sukmawan. (fur/cah/mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top