BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Senin, 13 Januari 2020

    "Samson", Cara Mudah Bayar Pajak Kendaraan

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Warga masyarakat khususnya para pemilik kendaraan bermotor bakal semakin dimudahkan dalam membayar pajak kendaraan. Ini setelah Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) bersama Polres Kebumen dan Jasa Raharja meluncurkan layanan "Samson".

    Samson merupakan kepanjangan 'Samsat Sabtu Sonten' tersebut diresmikan, Jumat (10/1/2020) di Mapolres Kebumen.

    Layanan 'Samson'diwujudkan dalam loket pelayanan yang bakal ditempatkan di dekat Alun-alun Kebumen. Ini artinya para pemilik kendaraan mempunyai banyak alternatif saat mau membayar pajak.

    Sebab,  loket pembayaran kini tersebar di sejumlah lokasi. Selain Samsat, ada Mal Pelayanan Publik, maupun Samsat keliling di sejumlah titik. Samsat keliling sendiri terbagi hari Senin di Polsek Prembun, Selasa di Kantor Bumdes Kutowinangun, Rabu di Kantor Kecamatan Petanahan, Kamis di Kantor Kecamatan Ambal, Jumat di Pasar Prembun, Sabtu di Toserba Jadi Baru, dan Minggu di Car Free Day.

    Kepala Unit Pengelolaan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah Samsat Kebumen, Bambang Nurcahyo mengatakan, kehadiran Samson merupakan upaya memecah kepadatan pembayaran pajak di Kantor Samsat. Selain itu, diharapkan layanan ini dapat dimanfaatkan bagi masyarakat yang berada di luar daerah dan baru bisa membayar di kala komen weekend.

    "Ini sebagai bentuk penambahan pelayanan pembayaran pajak kendaraan untuk semakin dekat dengan masyarakat, Pelayanan Samsat Sabtu Sonten dibuka mulai 18.30 - 21.00 WIB di Alun-alun Kebumen," katanya.

    Sementara itu, Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan, mengungkapkan hadirnya Samson semata-mata upaya untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Selain Samson, pihaknya juga menyediakan loket untuk mengecek pajak kendaraan bermotor secara online di Polres Kebumen. Layanan ini diberi nama Cakeb yang merupakan akronim Cek Pajak Online Kendaraan Bermotor. "Mekanisme Cakep menggunakan aplikasi Sakpole yang kemudian pembayaran melalui bank maupun loket lain," jelasnya.

    AKBP Rudy menambahkan, bagi masyarakat yang berkeinginan mengecek suatu kendaraan resmi atau tidaknya juga dapat melakukan. Kendati demikian, dalam hal tersebut apabila permintaan dari bukan pemilik maka kerahasiaan tetap dijaga.
    "Masyarakat yang di jalan curiga dengan kendaraan yang memiliki nomor polisi tidak biasa dapat datang ke kantor polisi, untuk dilakukan pengecekan," ujarnya
    Pelayanan Samson resmi diluncurkan usai diresmikan oleh Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz usai apel siaga bencana di halaman Polres Kebumen. Peresmian tersebut ditandai dengan penyiraman air bunga dari dalam kendil dibagian depan kendaran. Usia disiramkan kendil dipecah ditempat. (fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top