• Berita Terkini

    Jumat, 31 Januari 2020

    Rumah Cendekia, Cara Polres Kebumen Budayakan Membaca bagi Anak

    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Polres Kebumen mempunyai program menarik  yang hari ini dikenalkan langsung oleh Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan. Yakni Rumah Cendekia dan Keilmuan di seluruh kecamatan yang ada di Kebumen yakni seluruh Polsek yang ada.

    AKBP Rudy menyambangi rumah cendekia yang didirikan oleh Polsek Puring dan Bhabinkamtibmas setempat. Ini terletak di Desa Sidoharjo Kecamatan Puring, Jumat (31/1/2020). Rumah cendekia didirikan di kediaman Bhabinkamtibmas Bripka Herdana. Meski letaknya tidak begitu luas, namun rumah tersebut menyediakan cukup banyak buku bacaan yang baik untuk anak-anak.

    Adanya rumah cendekian tersebut, menjadi salah satu upaya untuk mencegah radikalisme, intoleransi dan anti Pancasila. Buku-buku yang disediakan pun cukup aman. Sehingga dapat dikonsumsi dengan baik oleh anak-anak maupun masyarakat luas. “Melalui rumah cendekia ini kita gelorakan minat baca anak-anak. Kegiatan ini didukung oleh Kapolda. Melalui rumah cendekia ini pula, diharapkan anak-anak menjadi tidak terlalu banyak bermain gadget atau smartphone," kata AKBP Rudy.

    Terkait buku bacaan, AKBP Rudy menyampaikan tersedia buku bacaan anak-anak serta bacaan cinta tanah air hasil swadaya keluarga Bripka Herdana, Polsek Puring dan Polres Kebumen serta pemerintah desa setempat.  Menangkal paham radikalisme sangat baik dilakukan sejak usia dini. 

    "Semoga bermanfaat dan menjadi tempat favorit untuk belajar anak-anak. Di sana juga disediakan jajanan anak gratis," jelasnya.

    Pada kesempatan yang sama, selain memiliki kesibukan mengurus rumah baca, Bhabinkamtibmas Bripka Herdana sedang mengembangkan tanaman penghijauan di area tersebut. Ini dilakukan untuk mengantisipasi banjir saat musim hujan. Mengingat kawasan tersebut termasuk dataran rendah. 

    Rumah Cendekia dan Keilmuan yang didirikan di Kecamatan Klirong juga tidak kalah menarik. Polsek Klirong bersama warga masyarkat Desa Tambakprogaten Klirong memanfaatkan bekas pos polisi untuk rumah tersebut.  Pos polisi yang mangkarak dan usang, kini telah dicat dan diisi dengan berbagai buku bacaan yang menarik untuk anak-anak dan warga setempat. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top