• Berita Terkini

    Rabu, 22 Januari 2020

    Ratusan Peserta Ikuti Pelatihan "Toyah"

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Ratusan peserta dari berbagai daerah mengikuti pelatihan Totok Ruqyah atau disebut "Toyah" yang digelar di Gedung Aula Kemenag Kebumen, kemarin. Dalam kesempatan itu, para peserta berlatih terapi bagi pasien yang kecanduan.

    Adapun pelatihan menghadirkan mentor Ruqyah Gus Allama A’laudin Shidiqy yang merupakan Mujiz, Founder dan Dewan Pembina JRA dari Jombang. Pada pelatihan ini menitik beratkan tentang bagaimana cara menghilangkan kecanduan dari berbagai hal, seperti rokok, narkoba, game, handphone dan berbagai hal lain yang sifatnya menyebabkan candu. Dengan cara mentotok area area tertentu dan menggunakan ayat ayat ruqyah yang ada di Alquran.

    Pengurus Divisi Dana Dan Usaha PW Jateng Yayasan Jam’iyah Aswaja Gus Rafiq Pambudi, mengatakan pelatihan, totok Ruqyah ini disirnegikan dengan ayat alquran, ayat ayat sifa yang tujuannya untuk menyembuhkan dari kecanduan.

    "Saat ini banyak sekali orang orang yang mengalami kecanduan mulai dari anak anak usia dini , remaja hingga orang dewasa, mereka kebanyakan kecanduan seperti game online, rokok, narkoba, hingga handphone, "ucapnya.

    Ia menambahkan, kegiatan ini memiliki tujuan untuk membumikan Alquran sebagai sifa atau pengobatan kepada masyarakat dengan catatan orang tersebut ingin berhenti dari kecanduan. "Kita berharap agar masyarakat mengetahui bahwa Alquran adalah obat yang pertama dan utama bagi orang mukmin, " pungkasnya.

    Sementara itu, Mustolih salah satu peserta pelatihan mengaku sudah merasakan manfaat dari kegiatan seperti itu. Ia yang awalnya perokok berat kini bisa meninggalkan kebiasaan buruk tersebut. Bahkan, jika sekarang disuruh untuk mencoba untuk kembali mengisap rokok, dirinya merasakan mual dan mau muntah.

    "Saya sudah merokok sudah sepuluh tahun lebih setelah mengikuti pelatihan ini merokok seperti mau muntah, dan juga alas an ingin berhenti karena kasihan dengan keluarga, " ucapnya. (*)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top