• Berita Terkini

    Senin, 20 Januari 2020

    Ratusan Pesepeda Meriahkan Pantai Surumanis

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Ratusan pesepeda dari delapan kabupaten memeriahkan Pantai Surumanis yang berada di Desa Pasir Kecamatan Ayah. Ini dalam kegiatan sport tourism dilaksanakan oleh Komunitas sepeda Federal Gombong (Fedgo).

    Adapun ratusan pesepeda tersebut berasal dari Kabupaten Kebumen, Purwokerto, Magelang, Solo dan lainnya.

    Ketua Panitia Leonardus Bagus menyampaikan kegiatan dilaksanakan dengan bersepeda bersama. Dimulai dari Alun-alun Manunggal Gombong, peserta menyusuri Jalan Karangbolong dan berakhir di Pantai Surumanis.

    Di sana, panitia telah menyiapkan tenda-tenda di mana peserta melewatkan malam sambil menikmati pesona alam pantai selatan. "Kami sengaja mengambil rute wilayah Selatan dan berakhir di Pantai Surumanis. Harapan kami, selain memberikan suasana yang berbeda bagi para peserta," ujar Bagus yang juga seorang aktivis lingkungan itu.

    Dijelaskannya banyaknya peserta yang datang dari berbagai kabupaten lain. Untuk itu kegiatan sport tourism juga sekaligus menjadi ajang promosi pariwisata Kebumen. Karena itulah kami mengambil tema Among Raga Among Rasa.

    “Kebumen kaya akan tempat pariwisata.  Promosi juga dapat dilaksanakan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan yang mengundang banyak peserta, terlebih dari luar kota,” ungkapnya.

    Sekalipun di kawasan Selatan terdapat rute cukup menanjak, namun rupanya hal itu tidak mengurangi semangat para peserta. Bahkan di rute ekstrim sejauh dua Kilometer, diadakan sessi Hill Challenge dengan pemenang mendapatkan predikat King of Mountains. Dimana ketiga tempat di podium direbut oleh pesepeda dari Banjarnegara.

    Bagus menegaskan, sebenarnya event kali ini merupakan pemanasan. Rencananya kedepan akan dilaksanakan kegiatan yang lebih besar di Kebumen. Bagus berharap event tersebut dapat menjadi acara tahunan dimana berolahraga sekaligus berwisata.

    Selain itu dikandung maksud pula adanya kegiatan tersebut juga sebagai kampanye bersepeda. Ini dimaksudkan agar masyarakat dapat membiasakan diri bersepeda. Selain menyehatkan bersepeda juga penting untuk menjaga lingkungan bersih dari polusi. “Menjaga kesehatan diri dan lingkungan jika sudah menjadi kebiasaan akan terasa ringan,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top