• Berita Terkini

    Selasa, 21 Januari 2020

    Pilbup Kebumen 2020: Ngaku tak Sejalan dengan PDIP, Teguh Pilih Mundur

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Setelah sebelumnya dua calon pendaftar penjaringan bakal calon Bupati/Wakil Bupati PDI Perjuangan mundur, kini terdapat satu calon lagi yang mengundurkan diri secara resmi. Bakal calon tersebut yakni Teguh Purnomo. Pihaknya resmi mengundurkan diri, Selasa (21/1/2020).

    Sekedar mengikatkan, dua calon yang sebelumnya telah mengundurkan diri dari partai berlambang Banteng Mocong Putih  tersebut yakni Sujud Sugiarto dan Herwin Kunadi. Kedua pendaftar tersebut secara otomatis gugur setelah tidak mengikuti fit  and proper test.

    Pengunduran diri Teguh Purnomo disampaikan langsung ke Kantor DPC PDI Perjuangan. Pihaknya didampingi oleh Tim Teguh Purnomo untuk Kebumen (simpatisan Teguh Purnomo).  Rombongan Teguh Purnomo dipimpin Ketua Tim TePuK Muchammad Fandi Yusuf. Kedatangan mereka juga diiringi sejumlah elemen pendukung Teguh dari masyarakat Urut Sewu, pengemudi ojek online dan lain sebagainya. Adapun rombongan diterima sejumlah pengurus DPC PDI Perjuangan Kebumen.

    Dalam kesempatan tersebut Teguh Purnomo mengatakan keputusan pengunduran dirinya lantaran terdapat perbedaan visi misi antara pihaknya dengan PDI Perjuangan. Melihat dinamika politik yang berkembang baik di daerah maupun nasional, tim TePuK melihat arah politik PDI Perjuangan tidak lagi sejalan dengan pihaknya yang mengusung politik bersih, santun, anti korupsi dan anti pelanggaran hukum.

    "Ini keputusan teman-teman yang sejak awal mendukung saya mencalonkan diri. Melihat dinamika, maka saya diminta mundur dari pencalonan ini," katanya.

    Ketika disinggung terkait langkah lanjutan, Teguh mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada Tim TePuK. Ini mengingat dirinya semata-mata hanya sebagai orang yang diberikan tugas. Namun demikian, dalam pencalonan ke depan semuanya masih serba memungkinkan mengingat pendaftaran di KPU hingga Juni mendatang.  Sedangkan politik itu dinamis.

    "Kami tidak akan coba-coba dengan mendaftar ke partai politik yang melakukan penjaringan, tetapi dimana yang memiliki visi dan misi yang sama dengan kami," tegasnya.

    Sementara itu, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kebumen Arembono mengaku, menghormati keputusan yang telah diambil oleh Teguh Purnomo. Meskipun mundur, dirinya tetap berharap dapat menjalin komunikasi yang baik antara PDIP dengan Teguh Purnomo. Terkait dengan pandangan politik yang berubah, Arembono menegaskan PDI Perjuangan tetap konsisten untuk memerangi korupsi. "Prosesnya sekarang sudah tidak di DPC lagi, melainkan di DPP. Sekarang  masih terdapat bakal calon sebanyak 12 bakal calon," ungkapnya.
    Sekedar mengingatkan, jumlah keseluruhan pendaftar  di PDI Perjuangan sebanyak 15 orang. Dimana 14 mendaftar melalui DPC Kebumen dan satu pendaftar lain melalui DPP PDI Perjuangan yakni pengusaha asal Kebumen Slamet Suparmaji. Kendati demikian dari 15 pendaftar, dua orang tidak mengikuti fit and proper test dan satu orang mengundurkan diri. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top