• Berita Terkini

    Kamis, 02 Januari 2020

    Pilbup Kebumen 2020, Koalisi Partai Politik Mulai Mengerucut

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Memasuki tahun 2020, proses menuju koalisi partai politik Pilkada mulai mengkrucut, meskipun beberapa partai masih enggan untuk menyebutkan akan berkualisi dengan partai apa. Kendati demikian Partai Gerindra menegasan akan memutuskan koalisi pada pertengahan akhir Januari. Bagitu pula dengan Partai Golkar.

    Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Kebumen Agung Prabowo mengemukakan komunikasi dengan partai pemilik kursi parlemen intens dilaksanakan. Untuk Gerindra sudah melakukan komunikasi dengan beberapa partai di Kebumen terkait Pilkada. "Pertengahan akhrir Januari Gerindra akan mendeklarasikan," ungkap Agung yang juga merupakan Wakil Ketua DPRD Kebumen itu, Kamis (2/1/2020).

    Pihaknya menegaskan, menegaskan, koalisi dengan partai manapun akan diupayakan oleh Gerindra. Termasuk kemungkinan dengan PDI Perjuangan sebagai pengoleksi kursi terbanyak di DPRD Kebumen ataupun dengan partai lainnya misalnya Partai Golkar, PPP maupun PAN dan lain sebagainya. Kendati demikian hal itu akan terwujud bila ada kesepahaman bersama. "Tidak menutup kemungkinan dengan PDI Perjuangan," imbuhnya.

    Ketika disinggung mengenai koalisi parlemen Gerindra yang berisikan empat partai, Agung mengaku masih solid. Koalisi yang digawangi Gerindra, Demokrat, PAN dan PKS dengan koleksi 15 kursi masih belum pasti berlanjut ke Pilkada. Menurut Agung, pihaknya memberikan keleluasaan kepada masing-masing partai dalam menentukan pilihan. "Masih kompak, namun kami memberikan kebebasan kepada partai di koalisi ini," ungkapnya.

    Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPD Partai Golkar Kebumen  Dra Hj Halimah Nurhayati MPA, meski enggan menyebutkan Partai Golkar akan berkoalisi dengan siapa, namun pihaknya juga memastikan akan mengumumkannya pada pertengan akhir Januari. “Nanti kami akan umumkan,” terangnya.

    Sementara itu Ketua DPC Demokrat Kebumen Joko Budi Sulistyanto ketika dimintai keterangan menyatakan telah menjalin komunikasi terkait koalisi. Kendati demikian, Joko juga belum memutuskan kapan arah koalisi Demokrat untuk Pilkada Kebumen. Sementara koalisi parlemen dengan Gerindra, Joko menegaskan komunikasi masih berjalan baik.  "Iya ada kemungkinan berlanjut di Pilkada. Kami masih melakukan komunikasi dengan partai lain," ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top