• Berita Terkini

    Jumat, 17 Januari 2020

    Penuh Tantangan, Jenasah Korban Tenggelam Berhasil Dievakuasi

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Upaya pencarian tim SAR gabungan menemukan pemancing yang digulung ombak Pantai Kecamatan Ayah, menemui hasi. Korban, Supriyadi (30), alias Dariman berhasil ditemukan Kamis (16/1/2020) atau selang sehari setelah yang bersangkutan dilaporkan tenggelam.

    Korban ditemukan sudah dalam kondisi meninggal. Sudah begitu, jenasahnya sangat sulit dijangkau karena berada di tebing tegak dengan ketinggian 200 meter. Karena sulitnya medan, proses evakuasi sempat dihentikan dan baru dilanjutkan pada Jumat pagi

    Upaya keras itu akhirnya berhasil. Tim SAR gabungan  berhasil mengangkat jenazah Supriyadi, menggunakan metode sebelumnya yakni mengikatnya dan mengangkat menggunakan tali.Korban berhasil dievakuasi pada Jumat pagi (17/1/2020).


    Penemuan hingga mengevakuasi korban ini cukup melegakan bagi Tim SAR gabungan. Mengingat, mereka telah bekerja keras melakukan pencarian.  Tim SAR gabungan yang dibagi dua SRU (Search and Rescue Unit) itu masing-masing melakukan penyisiran melalui jalur darat dan laut.

    Pencarian juga dilakukan dengan menyisir pantai menggunakan dua perahu jukung di sekitaran lokasi kejadian. Itu belum termasuk pencarian melalui jalur darat.

    Hingga Kamis siang hari, korban belum juga ditemukan. Bahkan, Tim SAR Gabungan bersama Basarnas Cilacap memutuskan melakukan pencarian dengan menuruni tebing karang terjal dengan ketinggian ratusan meter. Dengan perlengkapan minim pengamanan karena hanya menggunakan tali karmantel Tim nekat menuruni karang terjal dan masuk kedalam Goa Lawa.

    Seperti diberitakan, Supriyadi (30), warga Desa Banjarharjo Kecamatan Ayah yang dilaporkan terseret ombak, Rabu (15/1. Peristiwa tersebut terjadi   di Goa Lawa Pantai Pasir sekitar pukul 14.45 WIB. Berawal saat korban tengah memancing di batu karang. Saat itu, korban bersama dua rekannya.

    Tiba-tiba ada ombak besar. Satu teman korban berhasil menyelamatkan diri sementara korban telanjur digulung ombak. Pencarian kemudian dilakukan melibatkan Basarnas Kantor SAR Cilacap,  BPBD Kabupaten Kebumen, Koramil Ayah, Satpolair Polres Kebumen, SAR Tunas Kelapa, RAPI Kebumen, SAR Elang Perkasa, SAR Lawet Perkasa, SAR MTA, dan Gertaks Kebumen serta Basarnas Kantor PP Cilacap dan kesatuan lain.

    Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan mengatakan, jenasah sudah dikembalikan ke keluarga dan dimakamkan. "Hari itu juga korban diserahkan kepada keluarga," ujar Kapolres melalui Kasubag Humas, IPTU Tugiman, Jumat (17/1/2020). (fur/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top