• Berita Terkini

    Kamis, 02 Januari 2020

    Pemuda Desa Pakuran Ikuti Pelatihan Las Listrik

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 35 peserta mengikuti pelatihan teknik las listrik yang digelar  Karangtaruna Desa Pakuran Kecamatan Sruweng. Para peserta yang merupakan pemuda setempat itupun antusias saat mengikuti kegiatan yang digelar baru-baru ini.

    Kepala Desa Pakuran, Awaludin, mengatakan kegiatan pelatihan kejuruan las listrik merupakan program desa untuk meningkatkan ketrampilan para pemuda sehingga lebih trampil dan mampu bersaing dalam dunia usaha dan industri.

    Para peserta memiliki dasar pendidikan beragam mulai dari SD, SMP, hingga SMA dan SMK. Mereka juga belum memiliki keahlian las listrik. Pelatihan ini gratis alias tidak dipungut biaya.

    "Pelatihan ini merupakan salah satu upaya Pemdes (Pakuran) untuk memberikan keahlian kepada para pemuda desa, agar mereka memiliki bekal disunia kerja dan salah satu upaya mengurangi pengangguran di usia muda. Setelah mengikuti pelatihan, diharapkan mereka bisa menciptakan lapangan kerja atau mencari pekerjaan," katanya kepada Ekspres, Kamis (2/1/2020).

    Sementara itu, Ketua Karangtaruna Desa Pakuran, Muhammad Muslim Mustofa SPd I, mengatakan sejauh ini organisasi karangtaruna mereka sudah cukup solid. Hanya, sejauh ini pihak karangtaruna belum mendapatkan bekal pelatihan untuk menciptakan kreatifitas.

    "Adanya pelatihan las listrik ini untuk memunculkan kreatifitas para pemuda untuk bersaing di dunia kerja. Selama ini banyak pemuda lulusan sekolah yang tidak langsung memiliki pekerjaan. Pelatihan las listrik bisa menjadi bekal keahlian bagi pemuda untuk membuka usaha atau melamar pekerjaan,” ungkapnya.

    Sebagai bukti keseriusan, pihak panitia mengundang instruktur dan pelatihan las listrik yang handal asal Kebumen dengan harapan para peserta dapat bener-benar menguasai keterampilan las listrik. Pada kesempatan itu, para peserta diajak praktek langsung membuat pagar dan kanopi. Selain itu mereka juga diajarkan teknik las listrik dan cara membuat ornamen atau peralatan rumah tangga dari las listrik.(fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top