BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Kamis, 09 Januari 2020

    Pasar Koplak Selesai Direhab, Penataan Pedagang Dimulai

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pasar Burung atau biasa disebut warga dengan pasar Koplak kini punya wajah baru. Ini setelah rehab pasar tersebut telah selesai dilaksanakan. Menyusul selesainya reonvasi pasar, penataan pedagang bakal dilakukan pertengahan bulan ini.

    Kepala UPTD Pasar II Kebumen, Bambang Cahyono, mengatakan renovasi pasar menghabiskan dana Rp 4,7 miliar. Dana tersebut dipergunakan untuk membangun kembali serta pembuatan halaman parkir serta los pedagang.
    Pasar ini yang memiliki jumlah kios sebanyak 69 unit sedangkan los sebanyak 308. "Adapun kios sudah dapat ditempati mulai 14 Januari 2020. Los nanti akan dibagikan mulai 15 dan 16 Januari ini," ujar Bambang Cahyono, kemarin.

    Hanya, Bambang mengingatkan, bagi pedagang yang hendak menempati kios, harus menyelesaikan pembayaran retribusi dimuka selama tahun 2020. Pembayaran itu dilakukan sesuai ketentuan Perda nomor 1 tahun 2018.

    Ia mengungkapkan dalam pembagian los maupun kios tidak ada perubahan tata letak. Hanya di bagian tengah los yang semula terbangun dari kayu kini menjadi beton dan berkeramik. "Untuk pembagian kios tetap pedagang lama dengan syarakt harus lunas dulu selama satu tahun. Sedangkan pedagang los cukup membayar penyelesaian retribusi yang sebelumnya menunggak. Tidak ada perubahan tata letak, untuk pembagian kios dan los nanti akan melibatkan pedagang dan paguyuban," ujarnya.
    Terkait pembagian kios dan los, Bambang menambahkan pihaknya akan memprioritaskan kepada pedagang lama. Selain itu, tidak ada biaya yang ditarik pihaknya selain retribusi untuk pendapatan daerah.

    Kendati demikian, terkait penempatan lokasi jualan akan dikelompokkan sesuai dengan jenis pedagang. "Untuk pengelompokan hanya pedagang sepeda sendiri, pedagang burung mengelompok sendiri. Untuk pedagang warung akan dibagi di beberapa titik, artinya tidak ada zonasi, ketika zonasi malah ditakutkan pedagang gulung tikar," tambahnya.
    Terkait penataan trotoar pasar, Bambang mengaku bukan termasuk paket pekerjaan. Namun demikian, Bambang mengakui pasar yang sebelumnya terlihat semrawut akan tertata lebih baik. Seperti halnya parkir sepeda motor yang nantinya tidak di tepi jalan seperti sebelumnya.  "Semua pedagang yang ada di luar nanti akan dimasukan (ke area pasar). Lokasi parkir di dalam pasar tidak lagi tepi jalan raya,"pungkasnya.(fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top