• Berita Terkini

    Rabu, 08 Januari 2020

    Makodim 0709 Kebumen Bakal Dipindah

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Makodim 07/09 dipastikan bakal berpindah lokasi. Dari yang sebelumnya berada di kompleks Nabatiyasa atau tak jauh dari Stasiun Kebumen, Makodim bakal menempati lokasi baru di Jalan Lingkar Selatan persisnya di timur Terminal Bus Kebumen saat ini.

    Kepastian pindahnya lokasi Makodim disampaikan Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz usai beraudiensi dengan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa di Markas Besar TNI AD Jakarta. Adapun lokasi Makodim saat ini bakal dibangun sebagai pusat ekonomi yang dalam hal ini akan dilakukan Perusda Provinsi Jateng.

    Bupati Yazid Mahfudz menyampaikan, pihaknya telah menyampaikan kepada KSAD, Pemkab Kebumen bakal menghibahkan lahan seluas 1,5 hektare yang berlokasi persis di di timur Terminal Bus Kebumen guna Makodim yang baru. Terkait itu,  KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa  sudah memberi lampu hijau.

    "(Makodim )Dipindah karena kami prihatin dengan nasib Makodim 0709/Kebumen. Sebab, sejak Kemerdekaan 1945 hingga kini Kodim 0709/Kebumen belum memiliki Makodim permanen."

    "Berangkat dari rasa prihatin itulah kami menyetujui hibah dan kemudian mengajukan permohonan menghadap bapak KSAD. Alhamdulillah tadi kami dari Pemkab diterima dengan baik. Mudah-mudahan hibah ini bisa segera diproses dan ditindaklanjuti oleh BPN sehingga segera bisa didirikan bangunan Makodim," imbuh Bupati Yazid, Rabu (8/1/2020).

    Bila semua berjalan lancar, Bupati Yazid menyampaikan pembangunan Makodim 0709/Kebumen bisa dilaksanakan pada 2021 oleh TNI AD. "Awalnya kami menyiapkan dua calon lokasi Makodim 0709/Kebumen. Yaitu tanah bekas RSUD Bojong Kelurahan Panjer dan tanah di timur terminal Bus Kebumen. "

    "Dengan pertimbangan bekas RSUD merupakan bangunan tua sudah masuk cagar budaya sehingga prosesnya lebih aman jika yang dihibahkan tanah di Jalan lingkar Selatan dekat Terminal Kebumen," kata Yazid.

    Ditambahkan Yazid, dalam audiensi kemarin, pihaknya juga menyampaikan Pemkab bakal menghibahkan tanah untuk Koramil Poncowarno dan Padureso. Mengingat sejak ada pemekaran kecamatan beberapa tahun lalu, masih ada beberapa kecamatan belum memiliki kantor Koramil lengkap.

    Untuk Koramil Padureso dan Poncowarno, sudah ada tanah Pemkab berdekatan dengan Kantor Kecamatan setempat. Sedangkan untuk Koramil Sadang masih harus dicarikan solusi karena tanah yang ada jauh dari kompleks kantor kecamatan.

    Dalam kunjungan kemarin, Bupati Yazid didampingi Sekda H Ahmad Ujang Sugiono, Kabag Pemerintahan Agus Susanto, Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang serta mantan Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang. Ikut pula dalam audiensi tersebut pejabat Perusda Provinsi Jateng. (fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top