• Berita Terkini

    Kamis, 23 Januari 2020

    Mahasiswa UII KKN di Kebumen, Diminta Ikut Bangun Desa

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 354 mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Kebumen. Mereka tersebar di sembilan desa di dua kecamatan, Ambal dan Buayan.

    Ketua Pusat Kuliah Kerja Nyata (KKN) UII Yogyakarta Dr Edi Fitrianto, mengatakan KKN UII di Kebumen tahun ini merupakan kelanjutan tahun lalu terkait dengan pendampingan RPJM Desa. "Jadi diharapkan para mahasiswa diharapkan akan menemukan potensi dan ikut memecahkan masalah yang ada di desa," katanya pada acara Penerimaan KKN Mahasiswa UII Yogyakarta di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Selasa (21/1).

    Saat itu, hadir Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, Kabag Kesra Setda Kebumen Wahib Tamam serta sejumlah pejabat lain.

    Sementara itu, Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, mengatakan para mahasiswa KKN dari UII Yogyakarta dapat melakukan identifikasi masalah yang ada di masyarakat. Tak hanya itu bupati berharap para mahasiswa juga bisa menjadi pendongkrak semangat mashyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan. "Ini dapat menjadi bahan masukan bagi kita untuk bahan perbaikan di masa mendatang," kata Gus Yazid.

    Gus Yazid menambahkan, mahasiswa sebagai agen pembaharuan harus mampu memposisikan dan menyesuaikan diri dengan masyarakat selama mengikuti KKN. Karena mahasiswa dapat berperan sebagai pemberi informasi, motivator, penghubung antar sistem atau fasilitator."Peran ini tidak mudah, karena permasalahan di masyarakat sangat kompleks dan beragam sebagai dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi," ungkapnya.(fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top