• Berita Terkini

    Rabu, 08 Januari 2020

    Longsor Putus Jalan Desa,Polisi Bersama Warga Kerja Bakti

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Hujan lebat kemarin tak hanya membuat sejumlah rumah rusak tertimpa pohon tumbang. Hujan juga membuat sebuah talud di Desa Kajoran Kecamatan Karanggayam, jebol.

    Talud jebol menyusul hujan deras pada Minggu (5/1/2020) sekira pukul 01.30 WIB. Namun karena derasnya hujan beberapa waktu terakhir, longsor susulan menutup sebagian jalur penghubung dukuh Jatiwera dengan dukuh Kaligowok.

    Untuk membuka akses jalan, warga bersama anggota Polri dan TNI menggelar kerja bakti. Apalagi, longsoran juga mengancam kandang ternak milik warga yang berada tak jauh dari lokasi.

    Warga, Polisi dan TNI bahu membahu membersihkan sisa longsoran tanah dan membuat talud dari kantong plastik yang diisi tanah.  Meski bersifat sementara, diharapkan cara ini akan efektif mengurangi tanah longsor di daerah itu.

    Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan melalui Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman, menyampaikan pihaknya sudah menerima laporan tanah longsor di dukuh Jatiwera Desa Kajoran Karanggayam.  "Perbaikan sudah dilakukan dari tadi pagi. Informasi terakhir sing ini pengerjaan telah selesai. Tanah sudah berhasil disingkirkan, jalan sudah bisa dilalui," jelas Iptu Tugiman.

    Lanjut Iptu Tugiman, Kebumen termasuk daerah rawan longsor saat memasuki musim penghujan. Iapun mengimbau kepada masyarkat yang berada di dekat lereng untuk lebih waspada terhadap ancaman longsor.  Jika tidak memungkinkan, warga bisa mengungsi ke tempat yang lebih aman atau di rumah saudara.(win/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top