• Berita Terkini

    Rabu, 15 Januari 2020

    Kementerian Dorong Pengembangan Potensi Perikanan Kebumen

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-  Pemerintah pusat mengakui potensi dan sumber daya alam di Kebumen. Salah satunya, kekayaan di sektor perikanan. Bukan hanya itu, semangat warga masyarakat dalam mengolah potensi tersebut juga mendapat apresiasi.

    Hal itu diungkapkan Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (KKPP) pada Kementerian dan Kelautan RI, Dr Agus Suherman, saat berkunjung ke Kabupaten Kebumen, baru-baru ini. Saat itu,  Agus Suherman mengunjungi sejumlah lokasi pengolahan potensi dan pengelolaan sumber daya di Kebumen di bidang perikanan.

    Dr Agus pada kesempatan itu berkunjung ke pembudidayaan ikan sidat di Desa Sinungrejo dan Sidoluhur Kecamatan Ambal. Juga kampung garam di Desa Mirit Petikusan Kecamatan Mirit. Tak sendiri, Agus Suherman bersama anggota DPR RI Darori Wonodipuro, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen Laode Haslan. Dalam kunjungan ini, Agus juga sempat bertemu dengan Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto di rumdin Wakil Bupati Jl Mayjend Soetoyo.

    Dr Agus mengungkapkan, Kebumen sangat kaya akan potensi alam. Salah satunya sektor perikanan, dimana Kebumen memiliki potensi luar biasa dengan garis pantai yang panjang. Bukan hanya itu, warga masyarakat juga kreatif berbudidaya. Keberadaan pembudidayaan ikan sidat di Desa Sinungrejo dan Sidoluhur Kecamatan Ambal menjadi contoh nyata.

    Kekayaan alam serta semangat warga Kebumen dalam mengelolanya, dikatakan Suherman, harus terus didorong. "Setelah (kunjungan) ini, kita akan langsung bahas nanti apa yang bisa kita lakukan dan bantu untuk mendorong potensi besar di Kebumen ini,"kata Suherman.

    Sementara itu, Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyampaikan Pemkab Kebumen terus mendorong pemberdayaan masyarakat. Hal ini agar kekayaan alam benar-benar bermanfaat bagi masyarakat Kebumen. "Apalagi di tengah cap Kebumen sebagai daerah miskin. Pemberdayaan masyarakat diharapkan akan terus mengurangi angka kemiskinan," ujar Wabup Arif.

    Kepala Dinas Kelautan dan Perikana Kebumen La Ode Haslan, mengatakan Kabupaten Kebumen memang memiliki potensi perikanan yang bagus. Wilayah ini memiliki panjang garis pantai lebih kurang 57,5 KM. Agar lebih maksimal, Kebumen saat ini tengah mengembangkan kawasan tambak dan industri garam.
    Selain itu, budidaya air tawar juga terus digalakkan. Selain budidaya sidat dan jenis lain, Kebumen saat ini memiliki ikan khas Kebumen yang diberi nama "tulmen". (pri/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top