BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Selasa, 07 Januari 2020

    Kebumen Siaga Hadapi Bencana, Masyarakat Diminta Waspada

    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Seiring tingginya intensitas hujan dan mulai terjadi bencana, Polres Kebumen  menggelar rapat koordinasi penanggulangan bencana alam, Selasa (7/1/2020). Rapat koordinasi yang dilakukan di Mapolres Kebumen banyak membahas mengenai kesiapan penanganan bencana alam saat curah hujan tinggi.

    Hadir kemarin, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara, perwakilan BPBD Kebumen Salam, Kepala Dinas terkait, PJU Polres, serta Kapolsek jajaran. Di saat bersamaan, juga digelar "Video Conference" bersama Kabaharkam Polri Komjen Pol Andrianto yang dilakukan Senin (6/1).

    Kapolres Kebumen selaku pimpinan rapat mengungkapkan, curah hujan yang terjadi di Kebumen harus disikapi serius. Selanjutnya jebolnya tanggul Kali Telomoyo Adimulyo, yang terjadi pada tahun 2019 lalu dievaluasi pada kesempatan itu.

    Dalam kesiapan penanganan bencana dari Polres Kebumen menyiapkan satgas khusus tim reaksi cepat penanganan bencana. "Kita siapkan pos penanganan bencana alam Polres Kebumen, di kantor Sat Samapta Polres Kebumen. Kita semua siap digerakkan," jelas AKBP Rudy, Selasa (7/1).

    Hal senada diungkapkan Dinas terkait, siap mendukung penanggulangan bencana, jika terjadi di Kabupaten Kebumen. Dinas PU dan binamarga, siap mendukung siaga penanganan bencana, dalam mengevakusi yang memerlukan alat berat.

    Selanjutnya, BPBD kebumen, sebagai ketua satkorlak penanganan bencana alam siap siaga 1 x 24 jam di Posko Bencana Alam di Jalan Arungbinang Kebumen selanjutnya siap bersinergi dengan pihak terkait.

    Dinsos melalui perwakilannya saat rapat, siap mendukung dapur umum dan bantuan sosial lainnya jika diperlukan.  Dinas Perkim LH, melalui perwakilannya yang hadir mengungkapkan siap mendukung kebersihan saluran drainase agar terjadi kelancaran bila hujan lebat, dan telah melakukan operasi pohon-pohon potensi tumbang untuk dipangkas.
    "Semoga dengan persiapan yang telah kita siapkan, Kebumen selalu kondusif. Selanjutnya di Kebumen tidak terjadi bencana alam," pungkas Kapolres Kebumen.

    Tak membuang waktu, Polres Kebumen langsung bergerak pada hari itu. Tampak jajaran Polsek Adimulyo dan Koramil Adimulyo menggelar patroli bersama pantau debit aliran sungai yang melintas di Adimulyo, Selasa (7/1).
    Sejumlah sungai besar yang melintas Adimulyo dicek alirannya hingga kedalaman. Dari hasil pemantauan di sungai besar yang melintas Adimulyo, semua terpantau normal belum menunjukkan peningkatan debit air secara siginifikan.
    Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan saat dikonfirmasi melalui Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman, total ada tiga sungai besar yang melintasi Adimulyo yang dilakukan pengecekan.  "Adapun yang dilakukan pengecekan pada hari ini, Kali Kemit, Kali Abang dan Kali Karanganyar semua terpantau normal untuk debit airnya," jelas Iptu Tugiman.
    Lanjut Iptu Tugiman, sungai besar yang melintas Adimulyo beberapa waktu lalu dilaporkan jebol karena tingginya debit air.  Bahkan dampak dari jebolnya Kali Telomoyo Adimulyo pada tahun 2019, air menggenangi dua desa di sekitar tanggul.
    Melalui patroli ini ia berharap bisa mengantisipasi sedini mungkin kejadian serupa. Selanjutnya sungai yang melintas Adimulyo adalah aliran air pegunungan dari wilayah Karanggayam. Setelah melintas Adimulyo, air itu akan melintasi Kecamatan Puring dan selanjutnya ke Pantai Selatan Kebumen.

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top