• Berita Terkini

    Selasa, 28 Januari 2020

    Gantikan Ibnu Naser, dr Andika Terpilih Jadi Ketua IDI Kebumen

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Dokter Andika Purwita Aji MMR terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di Kabupaten Kebumen yang baru menggantikan ketua sebelumnya,  dr Ibnu Naser Arrohimi, SAg MMR.

    Andika terpilih pada Musyawarah cababang (Muscab)  Muscab IDI Cabang Kabupaten Kebumen yang digelar di Hotel Mexolie Kebumen, Kamis (23/1) kemarin. Dan, Andika bersama kepengurusan IDI Kebumen periode 2020-2023 lainnya dilantik kemarin.

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen, dr H Dwi Budi Satrio MKes,  mengatakan, bahwa IDI Cabang Kebumen kedepan mempunyai banyak pekerjaan rumah termasuk mengawal Universal Health Coverage dan Sistem Kesehatan Daerah.

    "Universal Health Coverage merupakan program yang memastikan masyarakat memiliki akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus mengahadapi kesulitan finansial," katanya.

    Pernyataan tersebut juga didukung oleh pesan dari Ketua IDI sebelumnya, dr Ibnu Naser Arrohimi. Ia mengatakan PR dalam mengemban amanah sebagai pengurus IDI masih sangat banyak. Salah satunya adalah program peningkatan akses pelayanan kesehatan untuk rakyat miskin.

    "Tujuan dari program ini adalah agar tidak ada lagi area blank spot (kekosongan pelayanan kesehatan di area tertentu) karena keterbatasan penyedia layanan ataupun kondisi geografis di Kebumen yang menghambat kegiatan pelayanan kesehatan," kata dr Ibnu.

    Untuk mewujudkan komitmen pembangunan kesehatan yang berkeadilan sosial tersebut, masih kata dr Ibnu, semua dokter terutama harus mempunyai kepekaan atas persoalan kesehatan di masyarakat.

    Hubungan dokter pasien tidak boleh menjadi sesuatu yang transaksional, dimana hal ini menyebabkan pelayanan kesehatan sangat berorientasi ekonomis, yang kemudian sedikit demi sedikit menggerus  kepekaan sosial kesehatan dokter.

    "Untuk mewujudkan UHC bisa diwujudkan dengan meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan diantaranya dengan cara meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dengan bekerja bersama penyedia Jaminan Kesehatan/BPJS. IDI juga harus bersinergi dengan organisasi kesehatan lainnya untuk mewujudkan cita-cita tersebut," ungkap Ibnu.

    Sementara itu Ketua IDI terpilih periode 2020-2023 dr Andika Puwita Aji MMR, menyampaikan terimakasih atas kepercayaan dari rekan-rekan IDI dan akan berusaha untuk menjalankan amanah Muscab IDI sebaik baiknya. Andika juga memohon dukungan kepada seluruh dokter anggota IDI Cabang Kebumen dan partisipasi mereka untuk menjalankan program program IDI kedepan.  "Terimakasih atas amanah dan kepercayaannya. Semoga kedepan kita saling kompak dan sinergi untuk menjalankan program dengan baik," ujar dokter Andika. (fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top