• Berita Terkini

    Minggu, 05 Januari 2020

    Dua Kecamatan Dihantam Angin Kencang, Puluhan Rumah Rusak

    KEBUMEN(kebumenekspres.com) - Intensitas hujan di Kabupaten Kebumen sudah mulai tinggi dalam beberapa hari terakhir. Seiring dengan itu, sejumlah kejadian bencana mulai terjadi.

    Seperti pada Minggu (5/1/2020), hujan deras disertai angin kencang menjadi bencana di dua kecamatan, masing-masing Sempor dan Karanggayam. Kerusakan terparah terjadi di  Desa Sampang Kecamatan Sempor serta Desa Kalirejo Kecamatan Karanggayam. Puluhan rumah di wilayah tersebut dilaporkan rusak.

    Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen, Heri Purwoto menyampaikan ada delapan rumah rusak di Desa Sampang Kecamatan Sempor usai angin kencang disertai hujan deras melanda wilayah tersebut pada Minggu sore (5/1) sekitar pukul 16.00 WIB. "Akibat hujan deras disertai angin kencang, delapan rumah mengalami kerusakan dari skala ringan hingga sedang," kata Heri, tadi malam.

    Adapun rumah yang mengalami kerusakan masing-masing, milik Riswan (50) warga RT 4 RW 1, Rismun (41), Keri (50), Lapin (55), warga RT 2 RW 2 Dukuh Gamping,
    , Sarwinah, warga RT 5 RW 1, Nawal, Nini Giwur, serta Karsiyem,

    Selain di Sempor, bencana juga terjadi di Desa Kalirejo Kecamatan Karanggayam.  Dua rumah menjadi korban. Masing-masing milik Munah (60), warga RT 3 RW 3 Dukuh Sentul desa setempat serta rumah milik Wajiah (60), warga RT 2 RW 2 Dukuh Sawangan.

    Jadi, total ada 10 rumah yang mengalami kerusakan akibat hujan deras disertai angin kencang kemarin pada Minggu sore kemarin. "Kerusakan terjadi karena hujan deras menumbangkan pohon dan menimpa rumah-rumah tersebut," imbuh Heri.

    Sejauh ini, penanganan terhadap rumah yang rusak terus diupayakan. Penanganan melibatkan arga, Destana dan relawan. Hanya diakui Heri, hingga kemarin belum semua dapat tertangani karena situasi gelap menyusul kejadian pada sore hari.

    Adapun bantuan yang sangat diperlukan, meliputi material bangunan serta logistik untuk kerja bakti. "Tidak ada korban dalam peristiwa ini, hanya kami menghimbau agar warga waspada karena intensitas hujan sudah meningkat saat ini," himbau Heri.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top