• Berita Terkini

    Senin, 27 Januari 2020

    Disiplin, Pelanggan PDAM Dapat Penghargaan

    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Ribuan pelanggan PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen berkesempatan untuk mendapatkan hadiah. Ini lantaran para pelanggan tersebut membayar tagihan sebelum tanggal enam di setiap bulannya. Para pelanggan berkesempatan mendapatkan hadiah beragam. Ini mulai dari kulkas, televisi, sepeda hingga mesin cuci.

    Hadiah tersebut diselengarakan oleh PDAM Kebumen dalam program Mbayar Banyu Sakdurunge Tanggal Enem (Mbakyu Sarinem). Program menjadi salah satu inovasi PDAM. Undian berlangsung di Kantor PDAM. Ini dengan melibatkan dewan pengawas dan jajaran karyawan, Kamis (23/1/2020).  Para pelanggan yang berkesempatan mendapatkan hadiah pun turut hadir pada acara tersebut.

    Direktur PDAM Tirta Bumi Sentosa Zein Mustain menyampaikan undian diambil dari keseluruhan pelanggan yang membayar sebelum tanggal enam. Ini terdapat sebanyak 37.471 rekening. Kemudian dari angka tersebut disaring hingga menjadi 50.

    Kemudian disaring kembali hingga tinggal 15 rekening pelanggan. Mereka kemudian diundi untuk mendapatkan hadiah dari nomor satu  sampai 15. "Dengan program ini ketaatan membayar pelanggan semakin baik dari tahun ke tahun. Ini dimulai dari tahun 2016 sebanyak 85 persen pelanggan,  yang kemudian terus berkembang hingga kini mencapai 98 persen," katanya.

    Pada kesempatan tersebut, Zein mengakui cakupan layanan pelanggan PDAM masih sekitar 15,45 persen saja. Ini bila dibandingkan dengan jumlah penduduk Kebumen. Dimana kini, pelayanan baru mencakup 19 kecamatan dengan pelanggan sekitar 31 ribu. Pada tahun 2020, PDAM mentargetkan dapat memberikan layanan di wilayah Kecamatan Ambal, Mirit dan Poncowarno.  "Rendahnya cakupan layanan dipengaruhi permasalahan air baku yang semakin jauh dari pusat pelayanan, sebarannya secara kuantitas tidak merata. Selain itu kapasitas di beberapa lokasi menurun," tuturnya.

    Sementara itu, Dewan Pengawas PDAM Ida Indrayani Achmal mendorong agar inovasi terus dilakukan oleh PDAM. Bahkan bukan saja untuk kantor PDAM namun juga untuk tingkat UPT. Ini agar meningkatkan jumlah pelanggan. Disisi lain, yang tidak kalah penting diupayakan juga meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. “Penngkatan pelayanan harus terus ditingkatkan, dari yang sudah baik menjadi lebih baik lagi,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top