• Berita Terkini

    Jumat, 10 Januari 2020

    Bupati Kebumen: 11 Kecamatan Rawan Bencana

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pemkab Kebumen semakin meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi kemungkinan bencana. Salah satunya dengan menggelar Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam tahun 2020, Jumat (10/1/2020).

    Hadir kemarin, Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, serta Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara. Dalam kesempatan itu, Bupati Kebumen KH Yazid Nahfudz mengungkapkan Kabupaten Kebumen memiliki 11 kecamatan rawan bencana.

    Kepada Kapolsek, Danramil, serta Camat di 11 Kecamatan Bupati berharap untuk diantisipasi bersama. "Bencana bisa datang kepada kita semua tanpa diperkirakan sebelumnya. Kepada seluruh warga masyarkat Kebumen untuk diantisipasi bersama," ungkap Bupati.

    Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan berharap ini hanya bentuk kesiapan saja, tidak ada bencana di Kebumen.  Meski begitu, langkah antisipasi  mutlak dilakukan.

    "Semoga di Kebumen tetap aman tidak ada bencana alam. Namun dengan apel kesiapsiagaan ini, jika nantinya terjadi bencana alam pasukan siap digeser bekerja dengan pemerintah daerah melakukan evakuasi," jelas AKBP Rudy.

    Personil yang terlibat dalam siaga bencana diharapkan mampu melaksanakan tugas dengan baik sesuai SOP masing-masing serta mengutamakan faktor keamanan baik personil dan materiil.

    Dalam apel kesiapsiagaan, seluruh peralatan tanggap bencana mulai dari perahu karet, pelampung, mesin potong, hingga peralatan evakuasi ditampilkan dalam kesempatan itu.
    Kendaraan rescue milik BPBD, mobil patroli Polres Kebumen hingga motor trail juga terlihat.  Selanjutnya BPBD Kebumen bersama K9 Sat Samapta Polres Kebumen menerjunkan anjing pelacak spesialis pencari korban bencana.
    Sat Samapta Polres Kebumen dalam kesempatan itu memperagakan tim reaksi cepat tanggap bencana dihadapan tamu undangan.   Peragaan yang dipimpin Kasat Samapta AKP Rudjito, memperagakan Polres Kebumen mendatangi TPK pohon tumbang yang menimpa rumah.  Dengan cekatan personel Sat Samapta memotong pohon yang menimpa rumah dan mengevakuasi korban membawanya ke Rumah Sakit untuk mendapatkan pertolongan medis.
    Apel yang diikuti, personel Polres Kebumen, Kodim 0709, Satpol PP, Gabungan SAR Kebumen, Tagana, Satkom mitra Polri, Menwa, BPBD, gambungan Pemuda Pancasila, PMI, Banser, serta organisasi relawan tanggap bencana, merupakan bentuk kesiapan Kabupaten Kebumen menghadapi kemungkinan terburuk saat musim hujan (bencana alam).(win/fur/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top