• Berita Terkini

    Kamis, 16 Januari 2020

    Buntut Kotak Amal “Pancasila Desa” , GP Ansor Ancam Tempuh Jalur Hukum

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Ketua PCGP Ansor Kebumen Mudzakir menegaskan, kotak amal yang bertuliskan “Pancasila Desa” tidak berkaitan dengan Ansor. Selain itu hal tersebut juga tidak seijin dan sepengetahuan GP Ansor. Meski tidak dirugikan secara materi, namun keberadaan kotak amal tersebut telah merugikan nama baik organisasi GP Ansor.

    Hal ini antaran terdapat tulisan Al Ansor pada kotak amal tersebut. Selain itu di kotak amal juga terdapat logo yang mirip dengan Logo Ogranisasi Ansor.

    Hal tersebut ditegaskan Mudzakir kepada awak media,  Kamis (16/1). Saat itu, Mudzakir menegaskan pembuat dan yang menyebarkan kotak amal tersebut juga bukan merupakan pengurus, kader maupun anggota GP Ansor. Pihaknya mengaku mendapatkan informasi adanya kotak amal bertuliskan “Pancasila Desa” di Desa Karangkembang Kecamatan Alian beberapa waktu lalu, dari anggota.

    Kendati demikian, yang melakukan penyebaran bukan merupakan kader ataupun anggota Ansor Kebumen.  “Kotak tersebut bukan dikeluarkan atau rekomendasi oleh GP Ansor," katanya,

    Meski tidak mendapatkan kerugian secara materil, lanjutnya, namun akibat kotak amal tersebut  nama baik Ansor Kebumen merasa dirugikan.  Pihaknya bertekad akan menempuh jalur hukum bilamana ke depan yang bersangkutan tidak menghentikan aksinya.

    "Jika tidak berhenti, kami akan menempuh jalur hukum. Kami mengimbau masyarakat apabila ada kejadian serupa melaporkan ke petugas (polisi dan TNI)," jelasnya.

    Mudzakir menambahkan, semalam telah dilakukan proses klarifikasi kepada yang bersangkutan. Ini dilakukan bersama dengan pemdes dan Muspika Alian . Yang bersangkutan pun telah menandatangani pernyataan akan menarik kotak amal bertuliskan Pancasila desa. Pada kesempatan itu, yang bersangkutan diberikan waktu 3 x 24 jam untuk menarik seluruhnya kotak amal.

    “Informasi yang kami terima terdapat sekitar 10 kotak amal. Senin depan juga akan dilaksanakan pertemuan di Kantor Balai Desa Karangkembang,”ungkapnya.

    Sebelumnya diberitakan, masyarakat Karangkembang Alian digegerkan dengan penemuan kotak amal bertuliskan Pancasila Desa, Selasa (14/1). Kotak amal memuat lima poin seperti Pancasila namun poin ketiga sampai kelima berbeda. Dalam kotak amal juga tertera panti asuhan Al Anshor dan sekaligus logo seperti organisasi Ansor serta bendera merah putih. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top