• Berita Terkini

    Minggu, 12 Januari 2020

    Bikin Resah, Tawon Endas di Rumah Warga Sempor Dieksekusi

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Keberadaan sarang tawon Vespa Affinis (tawon endas) menjadi teror di sejumlah daerah. Apalagi, setelah ada kejadian warga meninggal karena tawon endas di Klaten.

    Untungnya di Kebumen sejauh ini tidak serangan  tawon Vespa Affinis hingga membuat orang meninggal. Namun demikian, keberadaan tawon endas cukup meresahkan bagi Kamisno warga Desa Tunjungseto Kecamatan Sempor Kebumen

    Sebuah sarang tawon endas sebesar kurang lebih kepala manusia dewasa berada di rumahnya. Hingga kemudian, keberadaan tawon endas ini dilaporkan kepada petugas Polsek Sempor dan petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kecamatan Gombong yang kemudian melakukan "eksekusi Sabtu (11/1/2020) malam".

    Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan melalui Kapolsek Sempor AKP Sugito, menyampaikan eksekusi dilakukan setelah mendapat laporan warga ke Polsek Sempor.
    "Awalnya warga ada lapor ke kami, selanjutnya ditindaklanjuti. Tadi malam saat eksekusi, semua berjalan lancar dan kondusif," jelas AKP Sugito, Minggu (12/1).
    Lanjut AKP Sugito, pada saat eksekusi, warga hanya diperbolehkan melihat dari jarak jauh, atau jarak yang aman. Lokasi yang mudah dijangkau, turut mempermudah eksekusi tawon yang mempunyai predikat yang buruk itu.
    Petugas cukup menaiki tangga dan "menungkrub" sarang tawon yang dikabarkan beberapa kali menyebabkan kematian pada manusia karena sengatannya.

    Dari sejumlah sumber, tawon Vespa affinis (tawon ndas) merupakan serangga sosial dan sebagai pemangsa serangga dan atau Arthropoda lain.
    Sengatan dan racun (venom) sebenarnya digunakan sepenuhnya untuk pertahanan diri ketika individu dan koloninya terganggu (diserang) oleh siapa pun, termasuk oleh manusia.
    Dalam satu koloni atau satu sarang, bisa terdapat ratusan hingga ribuan individu tawon. Hal inilah yang membuat sengatan tawon ndas tidak bisa disepelekan.
    Sengatan (tawon ndas) bisa mematikan binatang vertebrata lain atau manusia yang mengganggunya dan apabila jumlah sengatannya cukup banyak, akan sangat mematikan.
    Reaksi anafilaksis berat juga sangat mungkin terjadi pada mereka yang terkena sengatan tawon ndas ini.Untuk diketahui, anafilaksis adalah suatu reaksi alergi berat yang terjadi secara tiba-tiba dan dapat menyebabkan kematian.(win/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top