BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Kamis, 02 Januari 2020

    Atasi Kemiskinan Kebumen, Perlu Peningkatan SDM

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Kabupaten berselogan Beriman ini, kini telah dinobatkan sebagai termiskin se Jawa Tengah. Dalam hal ini tentunya diperlukan langkah-langkah strategis untuk menanggulangi hal tersebut. Penanggulangan tidak hanya dari pemerintah, melainkan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) juga mutlak diperlukan.

    Penanggulangan kemiskinan tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah semata. Melainkan peran serta masyarakat juga sangat penting. Dengan adanya gerakan yang masif dari masyarakat serta adanya kebijakan yang mendukung, tentunya penanggulangan kemiskinan dapat segara terealisasi. Merujuk pada tagline yakni “Agro City of Java”, di Kebumen perting sekali adanya peningkatan kapasias dan kompetensi para petani.

    Hal ini ditegaskan oleh Kepala Kantor Kesbangpol Kebumen Nurtaqwa Setiabudi SH. Dimana momen politik Pilkada Kebumen kali ini diharapkan menjadi momentum untuk kebangkitan Kebumen dari keterpurukan. Salah satunya yakni terkait dengan kemiskinan.

    Nur taqwa tidak menafikkan pentingnya peran pemerintah dalam upaya penanggulangan kemiskian. Kendati demikian tanpa dukungan dari masyarakat hal tersebut akan sulit terwujud. Mampu memanfaatkan potensi dan jeli mengambil peluang menjadi salah hal yang penting dimiliki oleh masyatakat. “Disinilah pentingnya peningkatan SDM,” tuturnya, Selasa (31/12/2019) kemarin.

    Menurutnya persoalan kemiskian erat kaitannya dengan etos masyarakat. Selain itu juga pemanfaatan teknologi tepat guna. Secara sumber daya alam, potensi Kebumen sudah sangat memadai dan mencukupi. Tinggal bagaimana dapat dikelola dengan baik. “Besarnya sumber daya alam tanpa didukung dengan SDM yang mumpuni tentunya kurang maksimal,” paparnya.

    Terkait dengan pimpinan daerah, tentunya figur menjadi sangat penting. Kebumen memerlukan pemimpin yang tau persoalan yang ada dan mampu merumuskan program yang baik. Ini tentunya dilengkapi dengan perencanaan yang matang. “Sebuah perencanaan yang matang sangat berkaitan erat dengan hasil suatu program,” ungkapnya.
    Pentingnya sosok figur pemimpin sebelumnya juga telah disampaikan oleh Salah satu Pemerhati Masalah Sosial di Kebumen Warjan SPd SH MM. Pihaknya menegaskan Pilkada 2020 hendaknya menjadi momentum yang strategis bagi masyarakat Kebumen. Ini tentunya untuk memilih sosok bupati/wakil bupati yang benar-benar mampu melakukan perubahan besar menuju Kebumen yang lebih maju dan sejahtera. “Untuk itu, masyarakat dituntut untuk cerdas dalam menentukan pilihan. Ini agar harapan masyarakat terwujudnya Kebumen yang lebih baik benar-benar menjadi kenyataan,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top