BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Senin, 06 Januari 2020

    70 Santri MIBS Kebumen Dilatih Survival

    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Beragam cara dilaksanakan untuk menguatkan mental dan daya ketahanan fisik para siswa. Salah satunya dengan kegiatan survival. Ini pula yang dilaksanakan oleh Pesantren MIBS Kebumen. Dimana 70 siswa mendapat gemblengan jangan sepanjang 14 kilometer.

    Ya, mengawali tahun 2020 ini, Pondok Pesantren MIBS Kebumen mengadakan survival dengan berjalan Longmarch. Para santri berjalan kaki dari Pesantren MIBS menuju Pantai Bocor. Bukan itu saja, perjalanan balik juga dilaksanakan dengan berjalan kaki untuk kembali Pondok Pesantren MIBS Kebumen, beberapa waktu lalu.

    70 santri yang berjalan dengan menyusuri tepi jalan raya sepanjang Kebumen-Bocor Buluspesantren. Mereka mengenakan berseragam merah putih, seragam olah raga MIBS Kebumen. 

    Suasana mendung dan ancaman akan turun hujan ternyata tidak menyurutkan niat dan semangat mereka. Para santri tetap berangkat dengan penuh semangat dan suka cita. Longmarch, dipimpin langsung oleh Kepala SMP-SMA MIBS Kebumen Khamim Mustofa.

    Menurutnya, kegiatan longmarch dilaksanakan untuk melatih fisik dan mental. Kalo fisik baik, tentunya para siswa akan lebih siap menerima pelajaran. Sementara itu mental berhubungan dengan keberanian, ketahanan dan kepedulian antar sesama. “Kepedulian dan kerjasama sangat penting. Dalam kesusahan terkadang muncul rasa egois. Disinilah  pentingnya mengutamakan kepentingan bersama, di atas kepentingan pribadi,” paparnya.

    Untuk menguji ketahanan para siswa, mereka juga tidak diberi makan saat dalam dan minum perjalanan. Ini adalah kegiatan survival. Peserta baru mendapat jatah makan esok harinya di pesantren MIBS Putri Buluspesantren. “Kalian harus belajar berpikir sendiri untuk mengatasi berbagai permasalahan yang akan kalian hadapi. Termasuk permasalahan perut, " tambahnya.

    Sebuah tantangan baru bagi anak-anak santri MIBS Kebumen di awal tahun 2020 ini, berjalan kaki menempuh jarak yang cukup panjang. Mereka dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok dipimpin oleh seorang ketua kelompok yang bertugas mengkondisikan anggota, menjaga dan memberikan pembinaan dalam perjalanan. Selain itu ketua kelompok juga harus memastikan semua anggota kelompok dalam keadaan baik dan selamat. Mulai dari berangkat hingga pulang kembali di pondok pesantren MIBS Kebumen.

    Para santri memulai perjalanan dari pesantren MIBS Kebumen sekitar pukul 14.00 WIB. Meraka tiba di gedung MIBS Putri di Buluspesantren sekitar jam 16.30 WIB dan beristrahat sambil menunggu waktu Maghrib. Setelah Sholat Maghrib, dilanjutkan dengan tadarus dan kegiatan lainnya.

    Pukul 21.00 WIB peralanan dilanjutkan menuju pantai Bocor dan bermalam di sana. Setelah sholat Subuh, bermain-main di pantai. Pukul 07.00 WIB, para santri kembali berjalan menuju pondok putri dan mendapatkan makan (sarapan pagi). Selesai makan, perjalanan dilanjutkan kembali menuju pesantren MIBS Kebumen, dan tiba di pondok sekitar pukul 11.30 WIB. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top