BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Rabu, 11 Desember 2019

    Waspada! Makanan Mengandung Zat Berbahaya masih Beredar

    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kebumen Tri Haryono, sangat menyayangkan masih adanya makanan dan jajanan yang cenderung minim gizi bahkan kadang mengandung bahan pengawet masih beredar di masyarakat.

    Persoalan tersebut mendesak segera ditangani karena menyangkut keamanan pangan. Termasuk digunakannya bahan tambahan seperti penyedap, pewarna, pemanis, pengawet yang tidak ramah kesehatan.

    "Kami mengharapkan pelaku usaha pangan maupun masyarakat Kebumen tidak menambahkan bahan berbahaya ke dalam olahan makanan," katanya saat kegiatan lomba cipta menu dalam rangka Hari Pangan Sedunia, Minggu (8/12/2019).

    Menurut Tri, penganekaragaman pangan perlu dioptimalkan di kalangan masyarakat. Penganekaragaman bukan saja sumber karbohidrat tetapi juga makanan beragam, bergizi dan seimbang sebagai sumber vitamin berbasis sumber daya lokal. Tri juga mengakui, selama ini pangan lokal belum banyak yang dijual secara olahan.
    "Inovasi olahan sudah mulai berkembang namun penyajian masih sederhana sehingga kurang mendapatkan perhatian dari anak," imbuhnya.

    Sementara itu, Sekda Kebumen H Ahmad Ujang Sugiono, menilai penganekaragaman pangan juga dapat menjadi menyelesaikan permasalahan gizi di Kebumen. Seperti diketahui, stunting cukup banyak menyasar bayi di Kebumen. Bukan saja itu, kelebihan gizi seperti halnya kelebihan berat badan yang membahayakan untuk kesehatan.
    "Kami meminta PKK maupun organisasi kewanitaan mensosialisasikan dengan massif penganekaragaman pangan lokal di masyarakat," tuturnya.

    Dalam kegiatan tersebut, hadir Sekda Kebumen H Ahmad Ujang Sugiono, Wakapolres Kompol Prayudha Widiatmoko, Kepala Bap3Da Pudjirahaju, perwakilan pimpinan OPD Pemkab Kebumen. Hadir pula Ketua PKK Kabupaten Kebumen Zuhroh Yazid Mahfudz dan PKK Kecamatan se Kabupaten Kebumen.

    Untuk diketahui, Kabupaten Kebumen mendapatkan juara I Tingkat Nasional dalam Lomba Cipta Menu belum lama ini. Tim dari PKK Kecamatan Adimulyo dan PKK Kabupaten mewakili provinsi Jawa Tengah. Menu andalan yang diusung kontingen Kebumen yaitu Nasi Uduk Sega Jagung, Tumis Teri Cabai Hijau, Rolade Sapi Kebumen, dan Kluban.(toh/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top