• Berita Terkini

    Sabtu, 14 Desember 2019

    SMAN 2 Kebumen Gelar Sosialisasi Kesehatan Jiwa dan Reproduksi

    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Sebanyak 1185 siswa SMAN 2 Kebumen mengikuti sosialisasi  kesehatan jiwa dan reproduksi. Para siswa pun antusias mengikuti kegiatan yang digelar Kamis (12/12/2019) tersebut.

    Adapun narasumber, Kepala Puskesmas Kebumen III, dr Mira Maria Mirza, Psikolog RSUD Soedirman Kebumen, dr Yulaidah Psi, dan Tim P4GN bersama Kesbangpol Kebumen. Ketiganya menyampaikan materi diantaranya Kesehatan Reproduksi, Kesehatan Jiwa dan Sosialisasi Napsa.

    Kepala Sekolah SMA N 2 Kebumen, Basir SPd MPd, menyampaikan kegiatan ini masih dalam rangka hari Kesehatan Nasional. Sosialisasi bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan para siswa dalam menjaga kesehatan fisik dan psikis serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya hidup sehat.

    "Pembekalan ini sangat penting dimana usia remaja ini merupakan usia transisi atau masa pubertas anak-anak menjadi dewasa. Secara fisik mereka merasa sehat hingga jarang konsultasi kesehatan. Harapannya para siswa senantiasa menjaga kesehatah baik fisik dan mental," katanya didampingi Waka Humas SMA N 2 Kebumen Tri Apriyanti SPd MMPd.

    Basir menyampaikan, para siswa juga dibekali tentang kesehatan reproduksi agar tidak terjerumus pergaulan bebas. Mengingat tantangan para remaha di era tegnologi dan globalisasi saat ini sangatlah besar. "Seiring berkembangnya teknologi smart phone dari bahaya dunia luar yang membuat mereka lupa interaksi sosial dan menjadikan sifat individualistis. Bahaya inilah yang harus diarahkan dengan baik," kata Basir.

    Sejauh ini, pihak sekolah terus berupaya menanamkan pola hidup sehat kepada para siswa. Antara lain dengan membuat program mingguan diantaranya Jumat Sehat, Jumat Bersih, dan Jumat Hijau dimana pada hari itu para siswa diwajibkan untuk berperilaku sehat dan bersih.

    Meski demikian, Basir tetap berharap dukungan dari masyarakat dan wali siswa. Termasuk, kepada para siswa yang sudah lulus melanjutkan perguruan tinggi, diminta selalu menjaga dirinya sendiri.

    "Di sekolah kami mendidik tidak hanya pelajaran tetapi dari segi karakter, secara mental, fisik, jasmani dan rohani hingga memlindungi fisik dan psikis. Ini salah satu bekal siswa untuk yang nantinya terjun didunia luar agar bisa membentengi diri," ungkapnya. (fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top