• Berita Terkini

    Minggu, 29 Desember 2019

    Putra Muadzin Masjid Agung Rintis Rumah Tahfidz di Kauman

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Bagi warga Kebumen yang rajin berjamaah shalat Subuh di Masjid Agung Kauman, tentu tidak asing dengan suara muadzin Abdurahim Umar rahimahullah. Suara khasnya saat melantunkan puji-pujian sebelum mengumandangkan iqamah sulit ditiru orang lain, bila karena satu dan lain hal tidak bisa melaksanakan tugasnya.

    Maka sepeninggal Abdurrahim Umar, putra sulungnya Taufik Kurahman yang kemudian menggantikan perannya sebagai muadzin Subuh, suara kedua orang ayah-anak ini sangat mirip. Di Masjid Agung memang hanya saat Subuh dikumandangkan puji-pujian sebelum iqamah, memberi kesempatan lebih lama agar jamaah tidak terlambat datang di masjid.

    Lain putra sulung lain pula dengan putra bungsunya yang dikenal dengan nama Aziz Abdurrahim Umar Basyir. Bersama istrinya Iswah Zuhri Basyir, Aziz mulai merintis rumah tahfidz yang diberi nama Daar Al Furqon pada tahun 2014. "Nama Daar Al Furqon yang berarti Rumah Al Quran dimaksudkan agar pesantren ini dapat menjadi tempat mencetak kader-kader Islam yang Qurani," jelas Aziz.

    Pasangan Aziz-Iswah sehari-harinya mengajar di TPQ Masjid Agung Kauman Kebumen. Aziz mulai mengajar sejak 7 Juli 2007, sementara Iswah mulai mengajar 4 tahun kemudian. "Kebetulan sejak awal mengajar, saya dipercaya mengampu kelas Tajwid dan Quran," terang Aziz.

    Berbeda dengan Iswah yang sempat berpindah-pindah kelas, sebelum akhirnya mengajar kelas Iqra jilid 1. Di TPA Masjid Agung yang kini memiliki 150 orang santri, dibagi menjadi 8 kelas, yakni 6 kelas untuk Iqra jilid 1-6, kelas Ghorib serta kelas Tajwid dan Quran.

    Aziz dan Iswah juga sama-sama pernah mengikuti program takhasus tahfidz Al Quran di Ponpes Daar Al Furqon, Kudus yang diasuh Pakdenya Aziz, KH S Abdul Qodir Umar Basyir. Dari sini yang kemudian membuat Aziz dan Iswah termotivasi membuka rumah tahfidz di Kebumen.

    "Di Kudus, selesai dari Ponpes Daar Al Furqon, saya melanjutkan nyantri ke Ponpes Nurul Abror yang diasuh K Asnawi Abdul Qohhar dan melanjutkan belajar Al Quran ke KH Sholeh. Sambil merintis rumah tahfidz, saya juga tabarrukan dengan Imam Masjid Agung Kebumen KH Agus Fikri Abdul Kholiq (Pengasuh Ponpes Daarul Quran) dan K Nurul Anwar (Pengasuh Ponpes Riyadhus Shalihin, Demak)," kata Aziz yang juga alumni IAINU Kebumen ini.

    "Dari awal komitmen saya mendirikan rumah tahfidz memang benar-benar tanpa biaya," cerita Aziz yang memang ingin membantu para santri yang sudah berniat mengaji tapi tak punya biaya.

    Sedangkan bagi Iswah, mengajar Al Quran menurutnya membuat hidupnya terasa lebih berwarna. "Bahagia mendengar suara santri mengaji dan mengajari mereka huruf demi huruf hijaiyyah," ungkap Iswah.

    Begitu cintanya Iswah dengan aktivitas mengajar Al Quran, membuatnya tak sanggup terlalu lama meninggalkan aktivitas tersebut. Saat melahirkan putri ketiganya, Iswah hanya cuti sepekan setelah melahirkan. "Tidak tega melihat anak didik saya tidak ada yang mengajar karena kekurangan tenaga guru," cerita Iswah.
    Putri ketiganya yang baru berusia sepekan pun dibawanya ke TPQ. "Diletakkan di atas meja mengaji sembari menunggui anak-anak santri TPQ mengaji," kenangnya.
    Terkait santri rumah tahfidznya, Aziz menjelaskan untuk tahun 2020 sudah ada 7 orang. "Santri yang menghafal sekarang ada 2 santri mukim (menginap), 3 anak-anak saya dan 2 orang dilaju (tidak menginap). Insya Allah pertengahan bulan Januari ada yang masuk lagi seorang dari Tegal dan seorang dari Sulawesi, keduanya sudah  memberi konfirmasi," jelas Aziz.

    Menurut perkiraan Aziz dengan program takhasus tahfidz diperkirakan selama 3 tahun santri insya Allah bisa tahfidz, tahsin dan mutqin 30 juz. "Ditambah tabarrukan sekitar setahun," imbuhnya.

    Bagi santri yang mau mukim, Rumah Tahfidz Daar Al Furqon menyediakan fasilitas tempat tinggal, makan 3x sehari, mushaf Al Quran, rak baju, sertifikat tahfidz dan bila bisa khatam 30 juz dengan baik akan mendapat sanad. "Semuanya gratis," jelas Aziz.(*)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top