BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Selasa, 10 Desember 2019

    Mantap, Jam Dinding Karya Pemuda Kebumen ini Tembus Pasar Asia

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Seiring perkembangan jaman serta cepatnya laju teknologi, keberadaan jam dinding sepertinya sudah mulai tergeser. Sebagian warga memilih menggunakan jam tangan bahkan handphone yang juga sudah dilengkapi jam.

    Jadi, menarik melihat apa yang dilakukan Fhuad Irnaldi warga Kelurahan Jatiluhur Kecamatan Karanganyar. Di tengah situasi itu, Fhuad Irnaldi malah tergolong sukses menekuni bisnis jam dinding. Karyanya bahkan sudah tembus pasar Asia.


    Berbekal pengetahuan dari bangku menengah kejuruan tepatnya SMK Komputer Karanganyar, ia mulai menekuni usahanya itu. Tiga tahun terakhir usaha itu mulai membuahkan hasil.

    Salah satu alasannya, jam dinding buatan Fhuad berbeda dari umumnya, karena dibuat dengan desain khusus sesuai keinginan pemesan. Bukan saja bentuk, dalam jam dinding ini juga dapat dipasang foto sesuai dengan keinginan pelanggannya.

    Pria 25 tahun yang akrab disapa Fhuad itu mengungkapkan, proses pembuatan jam dinding membutuhkan waktu satu hingga dua hari. Bergantung tingkat kerumitan desain. Mula-mula, Fhuad membuat desain dan mengedit foto sesuai dengan keinginan dari pelanggan.  "Setelah desain jadi, kemudian merangkai menjadi jam dinding. Untuk mesin jam sudah membeli," katanya, ditemui kemarin.

    Untuk pemasaran, Fhuad  gencar mengenalkan produknya via media sosial seperti  Facebook, Instagram hingga aplikasi WhatsApp. Jam dinding karyanya dibanderol dengan harga bervariasi. Mulai dari  Rp 75 ribu hingga Rp 300 ribu. "Harga menyesuaikan tergantung tingkat kerumitan desain jam dinding," imbuhnya.

    Buah kerja kerasnya pun mulai menunjukkan hasil. Rata-rata omset setiap bulan Rp 5 sampai Rp 7 juta. Produknya bahkan sudah terjual hampir seluruh pulau di Indonesia termasuk Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Permintaan paling banyak, berasal dari Jawa Barat dan Yogyakarta. Selain itu, produknya juga sudah terjual ke beberapa negara di Asia seperti Malaysia, Singapura, Korea, Hongkong dan Arab Saudi.

    "Kalau untuk ke luar negeri, paling banyak ke Hongkong dan Arab Saudi. Kami juga masuk ke grup online pemasaran disana," imbuhnya.

    Kebanyakan, jam dinding karya Fhuad dipergunakan dalam musim hajatan, ulang tahun ataupun wisuda. (cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top