BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Kamis, 12 Desember 2019

    KUBe Sawangan Dibantu 236 Ekor Ayam Petelur

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) Kebumen menyalurkan bantuan berupa ayam petelur. Kali ini, bantuan disalurkan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBe) Kamal, Desa Sawangan Kecamatan Alian. Bantuan berupa 236 ekor ayam petelur itu diserahkan Rabu (11/12/2019)

    Kabid Penanganan Kesmiskinan dan Linjansos Dinsos Kebumen Ika Kusuma mengatakan, bantuan berupa ayam petelur yang diberikan itu merupakan program KUBE di tahun 2019.

    Sedikitnya, ada 280 KUBE yang terbagi menjadi 188 diantaranya berbentuk kube kambing, dan sisanya berupa ayam petelur dengan jumlah yang di salurkan sebanyak 3100 ekor ayam. "Bantuan ini kita berikan kepada 13 KUBE dari lima kecamatan yang ada di Kabupaten Kebumen. Diantaranya yaitu , kecamatan Prembun, Sruweng, Alian, Rowokele dan Klirong, " katanya.

    Selain KUBE Desa Sawangan, KUBE lain yang mendapatkan bantuanya tersebut diantaranya KUBE Berdaya satu, Desa Tanggeran Sruweng mendapatkan 246 ekor, KUBE Berdaya dua Tanggeran Sruweng 246 ekor, Berdaya tiga Tanggeran Sruweng 246 ekor, Berdaya empat tanggeran sruweng 246 ekor, dan Manunggal satu Desa Klirong  235 ekor.
    Selanjutnya KUBE Manunggal II Desa Klirong Kecamatan Klirong mendapatkan 235 ekor. KUBE Merona I Desa Kabekelan Prembun 235 ekor, KUBE Merona II  Desa Kabekelan Prembun 235 ekor, KUBE Mekar Jaya I Desa Rowokele Kecamatan Rowokele 235 ekor, KUBE Sawunggalih Rowokele 235 ekor, KUBE Usaha Mandiri I Pringtutul Rowokele 235 ekor, dan KUBE Mekarsari II Pringtutul Rowokele 235 ekor.

    "Untuk bantuan ini kita pilih ayam jenis Lohman Brown, dikarnakan memeiliki daya tahan yang cukup baik terhadap serangan penyakit. Selain itu, jenis ayam ini juga merupakan jenis ayam produksi yang tidak perlu melakukan pengeraman, dan bisa berproduksi satu hari satu telur selama 46 minggu, " jelas Ika Kusuma.

    Lebih lanjut Pihaknya berharap, bantuan tersebut dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga turut menurunkan angka kemiskinan Mikro di Kabupaten Kebumen. "Semoga bantu ini bisa dimamfaatkan masyarakat sebaik mungkin dan tidak disalahgunakan. Salah satunya sengaja menjual ayam atau menelantarkannya, "imbuhnya.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top