BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Minggu, 22 Desember 2019

    Granat Sisa Perang Dunia Ditemukan di Kebumen

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Penemuan benda diduga granat dan diduga masih aktif, bikin heboh warga Desa Sumberadi Kecamatan Kebumen. Kuat dugaan pula, granat ini merupakan sisa perang dunia II.

    Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan melalui Kapolsek Kebumen AKP Hari Harjanto, menyampaikan granat nanas ini ditemukan di pekarangan milik Jumadi, warga Desa Sumberadi Kecamatan Kebumen.

    Kali pertama, granat nanas ini ditemukan Miftahudin (45) saat ia bersama warga setempat melakukan bersih-bersih irigasi pada bulan November.  Saat itu, ia menemukan sebuah granat. Benda yang diperkirakan adalah peninggalan perang dunia itu, oleh warga segera dipindahkan ke tempat yang aman di bawah pohon pisang pekarangan milik Jumadi.

    "Namun penemuan ini baru dilaporkan  ke Polsek Kebumen Jumat (21/12/2019) sekira pukul 19.30 WIB," kata AKP Hari Harjanto, Minggu.

    Menindaklanjuti laporan tersebut, polisi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Polisi menemukan benda itu sudah berkarat dan dililit kawat.

    Kemudian pada Sabtu (21/12), granat nanas tersebut dimusnahkan. Pemusnahan (disposal) melibatkan Tim Gegana Sat Brimobda Jateng Unit Komposit Purwokerto. Petugas melakukan pemusnahan di areal persawahan dekat tempat benda itu ditemukan.

    Pada saat melakukan Disposal terlihat warga Desa Sumberadi menyaksikan dari jarak yang cukup jauh dan aman. Terdengar suara ledakan granat cukup keras dengan hentakan udara mencapai kurang lebih 50 meter.  Selama pelaksanaan disposal dijaga ketat oleh Polres Kebumen dan Polsek Kebumen. "Disposal siang ini berjalan aman, lancar dan kondusif," jelas Iptu Tugiman, Sabtu.

    Dari Disposal yang dilakukan oleh tim Brimob, dijelaskan Iptu Tugiman, benda tersebut adalah Granat Nanas masih aktif.   "Kita sangat beruntung sekali, warga akhirnya mau melaporkan temuan granat itu ke kami. Sehingga bisa kita musnahkan," ungkap Iptu Tugiman.
    Dengan adanya kejadian ini, mewakili Kapolres Kebumen, Iptu Tugiman mengimbau kepada seluruh masyarkat Kebumen untuk segera melaporkan ke polisi jika menemukan benda mencurigakan.

    Dikutip dari Wikipedia, granat tangan, granat genggam, atau granat nanas adalah bom yang digenggam dan dilemparkan dengan menggunakan tangan. Istilah granat ini berasal dari bahasa Prancis Kuno dari kata (pome) grenate (pomegranate: buah delima), buah yang ukurannya mirip dengan granat genggam versi awal, dan karena kandungan serpihan granat tangan juga mirip dengan biji dalam buah itu.  Granat ini sering digunakan dalam situasi pertempuran ataupun peperangan.(win/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top