• Berita Terkini

    Minggu, 15 Desember 2019

    Delapan PNS di Kebumen Daftar Panwascam

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Delapan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kabupaten berselogan Beriman berkeinginan untuk ikut andil dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada di Kebumen. Ini dilaksanakan dengan terjun secara langsung dalam mengawasi pelaksanaan Pilkada. Delapan PNS di Kebumen mendaftar untuk menjadi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

    Para PNS yang mendaftar sebagai Panwascam tersebar di beberapa kecamatan. Ini meliputi Kecamatan Adimulyo, Alian, Karanggayam, Klirong, Kuwarasan, Mirit  dan Padureso. Terdapat dua PNS yang mendaftar sebagai Panwascam di Kecamatan Alian.

    Komisioner Bawaslu Kabupaten Kebumen Maria Erni P kepada awak media menyampaikan tahapan seleksi telah memasuki tes wawancara. Dimana peserta yang menjalani tes tertulis sebelumnya kemudian dijadwalkan mengikuti tes wawancara.

    Tidak sepeti tes tertulis yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kebumen, untuk tes wawancara dilaksanakan di kantor Bawaslu Kebumen dengan terbagi dua panel. "Tes wawancara ini satu peserta dengan dua komisioner. Satu komisioner lain (Ketua Pokja) akan bergantian lokasi panel," katanya, Minggu (15/12/2019).

    Dijelaskannya, terdapat beberapa komponen penilaian tes wawancara. Ini meliputi materi kepemiluan tentang pengawasan, integritas dan komitmen. Selain itu juga kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan dan keorganisasian, pengetahuan lokal dan tanggapan atas masukan masyarakat. Adapun waktu pelaksanaan tes, setiap peserta dibatasi sekitar 20 menit.  “Nanti ada akumulasi nilai tes tertulis dan wawancara untuk menentukan perangkingan. Peringkat satu sampai tiga sebagai Panwascam. Kemudian peringkat 4 sampai 6 dipersiapkan sebagai pengganti antar waktu," imbuhnya.

    Maria pun menambahkan pelaksanaan tes wawancara dilakukan selama 7 hari. Ini  dengan satu hari untuk 50 peserta tes. Hasil pelaksanaan tes dapat diketahui setelah tes wawancara yakni 20 Desember dan sebelum pelantikan. Adapaun pelantikan sendiri direncanakan serentak di Jawa Tengah pada 23 Desember 2019 mendatang. "Hasil tes akan diumumkan segera setelah tes wawancara," ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top