• Berita Terkini

    Minggu, 08 Desember 2019

    Antisipasi Bencana, Tim SAR Polres Kebumen Disiagakan

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Datangnya musim penghujan menuntut semua elemen masyarakat waspada akan terjadinya bencana. Demikian pula bagi Search And Rescue (SAR) Polres Kebumen. Mengantisipasi terjadinya bencana, mereka mengikuti pelatihan di tebing wadas Desa Gemesekti Kabupaten Kebumen,, Sabtu (7/12/2019).

    Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan menyampaikan, latihan ini sebagai bentuk kesiapan Rim Reaksi Cepat yang saat ini telah ada di Polres.Dalam tim ini, seluruh fungsi dilibatkan.
    "Polres Kebumen kami bentuk tim reaksi cepat tanggap bencana, hal ini dilakukan sebagai langkah pertolongan cepat guna meminimalisir adanya korban jiwa pada saat bencana datang," ujar Kapolres.
    "Kami juga memaksimalkan anggota dengan cara mengikutsertakan seluruh fungsi yang ada di kepolisian, jadi tidak hanya sat samapta saja. Pelatihan tersebut sengaja digelar sebagai langkah dan upaya untuk mengantisipasi kemungkinan bencana banjir atau tanah longsor yang terjadi menjelang musim hujan di wilayah hukum Polres Kebumen," ujarnya," imbuhnya.

    Sementara itu, pada Sabtu kemarin, para anggota Polres diajak menaklukan tebing wadas Desa Gemesekti Kecamatan Kebumen dengan cara rappeling ( menuruni tebing ). Mereka mendapat pendampingan dari instruktur Kasubbag Dalops AKP Krida Ristanto dan KBO Binmas Iptu Daryadi.

    Dalam kesempatan tersebut para personil dilatih untuk melakukan penyelamatan dengan menuruni tebing menggunakan media tali kernmatle ( biasa disebut tali karmantel ), selain itu petugas juga dilatih cara membawa dan menyelamatkan korban dari ketinggian.(win/cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top