• Berita Terkini

    Minggu, 08 Desember 2019

    Angin Kencang Hantam Pejagoan, Belasan Rumah Dilaporkan Rusak

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Hujan lebat disertai angin kencang mengamuk di Kecamatan Pejagoan, Sabtu sore (7/12/2019). Akibatnya, belasan rumah di Desa Pengaringan dan Desa Watulawang kecamatan setempat dilaporkan mengalami kerusakan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian material diperkirakan puluhan juta.

    Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan melalui Kapolsek Pejagoan AKP R Widiyanto mengatakan, hujan lebat disertai angin kencang mengawali musibah ini. Sejurus kemudian, angin menderu dan menyapu rumah-rumah penduduk.

    "Peristiwa ini berlangsung begitu cepat. Hujan lebat disertai angin kencang menyapu rumah-rumah penduduk di Desa Pengaringan dan Desa Watulawang hingga menyebabkan belasan rumah penduduk setempat rusak," kata Kapolsek.

    Setidaknya 11 rumah yang mengalami kerusakan akibat hujan dan angin tersebut. Tak hanya  Pengaringan dan Desa Watulawang, Pengaringan dan Watulawang, angin kencang juga menyebabkan sejumlah kerusakan di Desa Peniron kecamatan yang sama.

    "Kami dari Polsek Pejagoan melakukan pendataan, untuk nanti dilaporkan ke BPBD, dari hasil pemantauan ada 10 rumah warga yang mengalami rusak ringan, dan 1 rumah warga rusak berat," ujar Aiptu Yulianto.

    Selain merusak rumah, hujan deras dan angin kencang juga menumbangkan puluhan pohon. Untuk sementara waktu aliran listrik di Kecamatan Pejagoan dipadamkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

    Menyusul kejadian tersebut, pada Minggu (8/12), Polres Kebumen turun tangan membantu kerja bakti rumah warga yang menjadi korban angin kencang. Selain desa Peniron kerja bakti  akan dilaksanakan di Desa Watulawang dan Desa Pengaringan yang juga terkena dampak dari hujan dan angin..

    AKP R Widiyanto menyampaikan kegiatan kerja bakti ini salah satu program kerja Kapolda Jateng yaitu Jogo Wargo Jogo Negoro. "Kerja bakti ini merupakan salah satu program Kapolda Jateng yaitu Jaga Wargo Jaga Negoro, siang ini Polres Kebumen bersama anggota Polsek Pejagoan dan warga membersihkan puing-puing pasca hujan lebat dan angin kencang di Desa Peniron Kecamatan Pejagoan," ujar Kapolsek Pejagoan.
    Pihaknya berharap kegiataan ini dapat meringankan beban para korban dan mempercepat pemulihan keadaan pasca bencana. "Tetap waspada terhadap perubahan cuaca dan kondisi di wilayah kebumen, karena biasanya pergantian musim akan mendatangkan angin dan hujan lebat. Perbanyak juga doa dan istighfar untuk menjauhkan kita dari berbagai macam musibah, " imbuhnya.(win/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top