• Berita Terkini

    Jumat, 06 Desember 2019

    2019, Kerugian Akibat Bencana di Kebumen Capai Rp 6 Miliar

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Memasuki musim penghujan, warga kota Beriman diminta waspada. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen mencatat, kerugian akibat kejadian bencana selama tahun 2019 mencapai Rp 6 miliar.

    Itu terjadi akibat bencana banjir dan longsor. Untuk banjir pada awal tahun kemarin melanda 53 desa di 12 kecamatan dengan kerugian Rp 4,6 miliar. Sedangkan tanah longsor, terjadi di 53 desa di wilayah 14 kecamatan dengan kerugian Rp 1,4 miliar.

    Kepala Pelaksana BPBD Kebumen Eko Widianto menyampaikan wilayah Kebumen tergolong rawan bencana longsor dan banjir. Tidak sedikit desa yang memiliki kerawanan akan kedua bencana alam tersebut.

    Di saat bersamaan, dalam beberapa hari terakhir hujan telah mulai turun hujan. Kendati intensitas belum tinggi, namun masyarakat mewaspadai bencana tetap mesti dilakukan. "Beberapa kemungkinan diantaranya bencana tanah longsor, banjir maupun angin puting beliung yang rawan di Kebumen," katanya.

    Pihaknya meminta masyarakat untuk selalu mewaspadai akan segala bentuk ancaman bencana yang mungkin saja timbul. "Pemkab sudah memberikan surat kepada Kecamatan maupun desa untuk membentuk posko bencana," katanya, Kamis (5/12).

    Dijelaskannya, Posko bencana  berfungsi sebagai sarana menyampaikan informasi. Ini bilamana terjadi bencana di wilayah setempat. Lebih lanjut, mereka juga bertugas untuk menangani bencana dan memberikan pertolongan pertama semampunya. Ditingkat kecamatan, posko dapat diisi dari Pegawai Kecamatan, Koramil maupun Polsek. "Posko desa bisa diisi oleh Perangkat Desa dan masyarakat. Tetapi yang tidak kalah penting adalah pencegahan seperti membersihkan saluran air untuk antisipasi banjir," jelasnya.
    Sementara Kabid Kedaruratan Logistik dan Peralatan BPBD Kebumen Salam mengungkapkan pihaknya sudah melakukan beberapa upaya termasuk menggerakkan masyarakat membersihkan saluran air. Disisi pencegahan, BPBD Kebumen telah menyalurkan ribuan bantuan bibit baik kayu maupun buah untuk ditanam masyarakat. "Kami juga sudah mempersiapkan peralatan kebencanaan di BPBD Kebumen," ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top