BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Senin, 25 November 2019

    Warga Klenteng Gombong Tebar Ikan di Waduk Sempor

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Umat Budha memiliki tradisi yang disebut Fang Sheng. Ini dilakukan dengan tujuan membuang sial sekaligus memohon kesejahteraan di tahun-tahun mendatang. Tradisi ini diwujudkan dengan melepas binatang liar ke alam. Biasanya berupa kura-kura, ikan atau burung.

    Tahun ini, Umat Budha dari Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hok Tek Bio Gombong melaksanakannya dalam bentuk menebar 10 ribu benih ikan lele di Waduk Sempor, Minggu (24/11/2019).

    Upacara diawali dengan ibadat yang dipimpin oleh Suhu The Tjoe Thwan dari Vihara Gunung Kalong, Ungaran. Selanjutnya para jemaat menuju Kawasan Dermaga Wisata Waduk Sempor. Selain dihadiri pengurus dan jemaat klenteng, kegiatan itu juga melibatkan para pegiat Pokdarwis Sempor yang mendampingi teknis penebaran bibit.
    Dalam kesempatan tersebut, Suhu The Tjoe Thwan pun menjelaskan ritual yang digelar dengan melepaskan hewan hidup ke alam ini, dipercaya memiliki pengaruh bagi kehidupan dan keberuntungan. Selain itu, Fang Sheng juga mengandung ajaran Sang Budha untuk mencintai lingkungan.

    “Menurut Ajaran Buddha, manusia harus menyayangi makhluk hidup termasuk hewan. Dalam Bahasa Tionghoa, Fang berarti melepas dan Shen berarti kehidupan. Karena itu kita melepas berbagai macam hewan sebagai wujud cinta pada alam dan hewan serta sebagai wujud partisipasi pada pelestarian lingkungan,” demikian dijelaskan Suhu yang sudah berusia 80 tahun namun masih tampak gagah ini.

    Pengurus Klenteng Hok Tek Bio Gombong Lanny mengungkapkan kegiatan ini merupakan tradisi tahunan. Selain sebagai bentuk pelaksanaan ajaran, kegiatan ini juga dimaksudkan menjadi bentuk partisipasi jemaat kepada pembangunan, khususnya di bidang pelestarian lingkungan. “Harapan kami adalah keberadaan Klenteng Hok Tek Bio di Gombong tidak hanya semata-mata tempat ibadat. Namun ikut memberikan sumbangsih pada kemajuan masyarakat Kebumen,” ujar Lanny.

    Dari catatan redaksi, Klenteng ini memang menjadi tempat berbagai kegiatan seni dan budaya. Kegiatan rutin yang dilakukan antara lain pelajaran Bahasa Mandarin untuk umum. Selain juga halaman digunakan untuk berlatih Perkumpulan Pencak Silat Kera Sakti.
    Kegiatan Jelajah Budaya Gombong yang dilaksanakan oleh Roemah Martha Tilaar juga menempatkan Klenteng Hok Tek Bio sebagai salah satu titik kunjungan. Banyak wisatawan luar kota yang terkesan dengan kunjungan ke sebuah tempat yang menjadi simbol Kebhinekaan Gombong.  (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top