BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Senin, 25 November 2019

    Jangan Betah Jadi Peserta PKH

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 226 Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) Kecamatan Ambal berhasil diwisuda. Wisuda dilakukan setelah mereka menyatakan diri  bisa mandiri dan tidak lagi menggantungkan hidup dari bantuan pemerintah.

    Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, yang kemarin didaulat mewisuda para penerima PKH, menyampaikan apresiasinya kepada para KPM PKH yang secara sukarela mengundurkan diri karena merasa sudah mampu untuk mandiri.

    "Saya mengucapkan selamat kepada para KPM PKH yang hari ini diwisuda. Yang berarti secara peringkat telah mengalami peningkatan, dari miskin menjadi tidak miskin, dari belum mandiri menjadi mandiri,” ujar Wabup yang juga Ketua Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKP2KD) Kabupaten Kebumen tersebut.

    Arif Sugiyanto menuturkan para penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) yang diwisuda bisa menularkan ilmunya. Sehingga keluarga-keluarga lainnya pun dapat menjadi mandiri. “Ini salah satu wujud keberhasilan PKH. Mampu mengubah mindset atau pola pikir KPM agar tidak selalu mengharapkan bantuan dari pemerintah. Namun mau, mampu, dengan penuh keyakinan dapat hidup mandiri dan sejahtera tanpa PKH,” ujarnya.

    Dalam kesempatan itu, Wabup Arif juga menyampaikan apresiasinya kepada Dinas Sosial dan PPKB Kabupaten Kebumen serta jajaran PKH di Kecamatan Ambal yang berperan dalam pelaksanaan wisuda mandiri tersebut.

    Wabup juga berpesan kepada para KPM PKH agar ‘jangan betah’ menjadi peserta PKH. “Saya selalu berharap dan mendoakan agar masyarakat Kebumen dapat hidup sejahtera,” tambahnya.

    Sementara itu, Koordianator Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Ambal, Widiharto SSos MSi, mengatakan wisuda para penerima KPM PKH yang sudah mandiri ini diharapkan dapat menjadikan motivasi masyarakat lain untuk mereka sadar bahwa telah mamapu dan tidak untuk mendapatkan bantuan sosial.

    "Mereka yang diwisuda sudah kami survai dan kami dikordinasikan dengan pihak desa bahwa kehidupan sudah mampu dan berkecukupan. Mereka sudah layak tidak menerima PKH lagi, tanpa bantuan sudah bisa mandiri," katanya didampingi anggota PKH Kecamatan Ambal, Yulianti Sos.

    Yulianti menambahkan,  semakin banyak penerima manfaat KPM PKH yang mandiri diharapkan dapat membuat Kebumen tak lagi dicap sebagai daerah miskin.

    Gebyar PKH Ambal 2019 juga dilaksanakan kegiatan jalan santai, bakti sosial, donor darah, serta lomba menghias nasi liwet. Tak kalah meriah pada Gebyar PKH Kecamatan Ambal itu masyarakat berkesempatan mendapatka hadiah dua ekor kambing, sepeda dan doorprize lainnya. (Fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top